Search :

Advance


AKTIVITAS STAPHYLOCOCCUS AUREUS YANG DIISOLASI DARI PUS PASIEN GANGREN DIABETIK DALAM MENGAGLUTINASI SEL DARAH MERAH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maharesi Hefriyah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Staphylococcus aureus merupakan bakteri yang sering menyebabkan infeksi pada kulit. Pada kasus gangren diabetik juga banyak disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Penyebab yang paling penting dalam patogenesis terjadinya infeksi adalah proses penempelan (adhesi) yang terjadi pada tahap awal bakteri melakukan infeksi sehingga terbentuk pus. Protein pada bakteri yang berperan dalam proses penempelan adalah hemaglutinin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas Staphylococcus aureus yang diisolasi dari pus pasien gangren diabetik dalam mengaglutinasi sel darah merah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif laboratorium, pengamatan pada mikroplate yang telah diisi dengan NaCl fisiologis, antigen Staphylococcus aureus yang disetarakan dengan McFarland 1, dan sel darah merah 1% yang dihomogenkan pada lubang ke 1 s/d 11, kecuali lubang ke 12 sebagai kontrol yang hanya diisi NaCl fisiologis yang dihomogenkan dengan sel darah merah 1%. Pengamatan dilakukan setelah dilakukan inkubasi pada menit ke 30, jam ke 4, 8, dan 24. Hasil yang didapat pada menit ke 30 adalah terjadi endapan eritrosit, pada jam ke 4, 8 dan 24 terjadi aglutinasi oleh Staphylococcus aureus terhadap sel darah merah pada mikroplate. Hasil pengamatan membuktikan bahwa aktivitas Staphylococcus aureus yang diisolasi dari pus pasien gangren diabetik yang mampu mengaglutinasi sel darah merah dapat diamati pada menit ke 30, jam ke 4, 8 dan 24. Kata kunci: Staphylococcus aureus, hemaglutinin, pus

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA KUMAN DAN SENSITIVITAS ANTIBIOTIK PADA KAKI DIABETIK DI BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Betty Debora Klara, 2014)

UJI SENSITIVITAS STAPHYLOCOCCUS AUREUS TERHADAP EKSTRAK ETANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) (Wanti Shelvy Maulizar , 2015)

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN TUMBUHAN GARCINIA LATERIFLORA BLUME (ONE DHARMAWATI SUGMA, 2016)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN- RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Desi Maharani Alga, 2015)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS BAKTERI PENYEBAB SEPSIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Yuli Dwiharyani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.