Search :

Advance


PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EDUCATION CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wiranda Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sari, Wiranda. 2016. Pengaruh Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) dengan Menggunakan Media Education Card Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Fisika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Marwan AR, M.Pd., (2) Melvina, S.Pd., M.Ed. Kata kunci: Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual), Media Education Card, Media Belajar, Pemahaman Siswa. Pembelajaran berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) dapat memberi kemudahan untuk siswa belajar, karena siswa cenderung menggunakan aspek visual mereka saat belajar, sebagian lagi cenderung menggunakan aspek auditori dan ada pula siswa yang belajar dengan cara bergerak. Selain itu, siswa akan lebih mudah belajar jika dalam proses pembelajaran digunakan alat bantu atau media yang dapat mempermudah pemahaman siswa. Salah satunya dengan menerapkan media permainan kartu “education card” yang mempunyai karakteristik menggabungkan materi pembelajaran beserta contohnya sehingga menjadi sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) dengan menggunakan media Education Card terhadap pemahaman siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 dan siswa kelas IX-8 SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun ajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes. Tes yang dilakukan berupa soal pre-test dan pos-test untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kedua kelas tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan antara pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan SAVI dengan bantuan media Education Card dengan pemahaman siswa yang hanya menggunakan pendekatan saintifik. Dimana pemahaman siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada pemahaman siswa pada kelas kontrol dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada tabel yaitu 2,840 > 1,684. Dengan menggunakan pendekatan SAVI dengan bantuan media Education Card, siswa menjadi lebih berminat dan aktif dalam pembelajaran karena adanya perpaduan indra dan intelektual dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan SAVI dengan menggunakan bantuan media Education Card terhadap pemahaman siswa pada kelas IX SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN MEDIA VIDEO SISTEM GERAK DENGAN PENDEKATAN SOMATIK AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SAKTI (RIZKINA MANIK, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Mohd. Reza Pahlevi, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Asmaul Husna, 2016)

PENDEKATAN SAVI (SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR (Rizky Amalia, 2016)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (NURFITRIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.