Search :

Advance


PENGIMPLEMENTASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI LAM ILIE KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUDASSIR - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mudassir. 2017. Pengimplementasian Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD Negeri Lam Ilie Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Bakhtiar Hasan, M.Pd. (2) Dra. Rosma Elly, M.Pd. Kata kunci: pendidikan, karakter, budaya sekolah Proses implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah menjadi sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang lebih kuat. Proses tersebut menjadi lebih efektif apabila terimplementasi pada individu-individu sejak usia dini. Demikian halnya pada satuan pendidikan, bahwa penanaman nilai-nilai karakter pada satuan pendidikan dasar seperti di sekolah-sekolah dasar sangat mutlak dibutuhkan sebagai fondasi karakter siswa di masa yang akan datang. Hal ini sangat mendukung tujuan dari pendidikan di sekolah dasar dalam meletakkan dasar-dasar kecerdasan baik intelektual, sosial, emosional, maupun spiritual guna mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan pada jenjang yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pendidikan karakter dalam budaya sekolah SD Negeri Lam Ilie, Kabupaten Aceh Besar. Pertanyaan penelitiannya terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap perencanaan, pengumpulan data awal, data utama, dan data akhir, serta penyelesaian. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan warga di sekitar sekolah. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data dan model data serta penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam budaya SD Negeri lam Ilie terimplementasi pada lapisan artifak serta nilai dan keyakinan. Perencanaannya terdiri dari penetapan nilai-nilai karakter yaitu religius, disiplin, semangat kebangsaan, dan menghargai prestasi; penyusunan program; sosialisasi kebijakan; dan perencanaan kondisi. Pelaksanaannya yaitu melalui penyediaan fasilitas-fasilitas berbagai program yang didesain untuk membentuk karakter siswa melalui aktivitas-aktivitas pembiasaan. Secara umum, SD Negeri lam Ilie telah mencapai indikator keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan empat nilai karakter utama dan nilai peduli lingkungan yang menjadi fokus implementasi. Evaluasi dilakukan melalui monitoring dan evaluasi akhir semester dengan instrumen catatan pelanggaran serta hasil observasi monitoring. Aspek-aspek evaluasinya mencakup perencanaan, kelengkapan fasilitas, pelaksanaan, ketercapaian target serta perbandingan kondisi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL GURU IDEAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KARAKTER BANGSA PADA SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI 7 SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA (Juaini Sulaiman, 2013)

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SMA NEGERI 1 TANAH LUAS KABUPATEN ACEH UTARA (Mariati, 2016)

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Khairani, 2013)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA DIRI SISWA DI SD NEGERI 1 MERDUATI BANDA ACEH (INDAH WAHYUNI, 2017)

PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2013 (APRIANDI PUTRA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.