//

PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DALAM WILAYAH KERJA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WINDA SALTIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perawat adalah salah satu tenaga kesehatan di puskesmas yang mempunyai peranan penting dalam menghadapi penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami. Perawat harus memiliki kompetensi-kompetensi yang mencerminkan peran khusus dalam menghadapi bencana meliputi tahap pra bencana, saat terjadi bencana dan pasca bencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan perawat puskesmas tentang penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami dalam Wilayah Kerja Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Mei-5 Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat puskesmas yang berjumlah 80 perawat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode angket yang terdiri dari 28 item pertanyaan dalam bentuk multiple choice. Hasil penelitian menggunakan analisa deskriptif menunjukkan pengetahuan perawat puskesmas tentang penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami dalam wilayah kerja Kota Banda Aceh berada pada kategori baik (58,8%). Untuk pengetahuan tahap pra bencana baik (65,0%), saat terjadi bencana cukup (58,8%) dan pasca bencana baik (82,5%). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kepada perawat puskesmas agar lebih sering mengikuti pelatihan terkait penanggulangan bencana seperti disaster drill guna meningkatkan lagi pengetahuan dan mengimplementasikan dalam upaya penanggulangan bencana. Kata Kunci : Perawat Puskesmas, Penanggulangan Bencana, Gempa Bumi, Tsunami Daftar Bacaan : 14 buku, 10 sumber online, 4 Jurnal, 1 UU, 1 Permenkes, 2 Kepmenkes, 2 Skripsi, 1 Tesis (1998 – 2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT PUSKESMAS TENTANG KEGAWATDARURATAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (Cut Hasanuddin, 2015)

GAMBARAN PERAN PERAWAT PUSKESMAS DALAM PENANGGULANGAN PRA BENCANA DI KOTA BANDA ACEH (Maya Ananda, 2018)

HUBUNGAN SIKAP TENTANG REGULASI, PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI BLUD RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PEMERINTAH ACEH. (bukhari, 2015)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (Misrayana, 2018)

MENDESAIN MODUL EVAKUASI BENCANA GEMPA BUMI BERPOTENSI TSUNAMI UNTUK PENGETAHUAN KEPALA KELUARGA DI DESA TIBANG, DEAH RAYA DAN ALUE NAGA KOTA BANDA ACEH (Nizam Slamat, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy