Search :

Advance


FAKTOR RISIKO TERJADI MIOPIA PADA SISWA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herissa Agus - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Miopia merupakan kelainan reflaksi mata dengan prevalensi tertinggi didunia. Gangguan terhadap penglihatan yang dapat mengakibatkan kebutaan sering terjadi hampir sekitar 42% diseluruh dunia yang disebabkan oleh rabun jauh. Berbagai faktor sangat berhubungan dengan insiden terjadinya miopia seperti tingkat pendidikan, usia dan aktivitas melihat dekat pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor risiko terjadi miopia pada siswa di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel adalah total sampel sebanyak 85 responden. Metode analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian didapatkan dari faktor risiko terjadi miopia berdasarkan usia dengan persentase 80,0%, jenis kelamin 70,6%, aktivitas melihat dekat 67,1%, tingkat pendidikan 64,7%, aktivitas luar ruangan 64,7%, riwayat miopia orangtua 57,6% dan riwayat prematuritas 24,7%. Kesimpulan dalam penelitian ini didapatkan adanya gambaran dari faktor risiko miopia pada siswa, dimana usia merupakan penyebab utama terjadinya miopia dan penyebab miopia terendah adalah riwayat prematuritas. Saran peneliti kepada fakultas keperawatan diharapkan dapat terus mengembangkan keilmuan keperawatan medikal bedah khususnya di bidang oftalmology terkait promosi kesehatan tentang cara pencegahan dan pencetus terhadap miopia.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN AKTIVITAS JARAK DEKAT TERHADAP MIOPIA: STUDI KASUS PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Reza Akbar, 2014)

PROFIL PENDERITA MIOPIA DI POLIKLINIK MATA RSUDZA PERIODE JANUARI-DESEMBER 2010 (putri rizkiyah, 2015)

GAMBARAN KEBIASAAN LAMANYA MEMBACA DAN JARAK MEMBACA DENGAN TERJADINYA MIOPIA PADA PASIEN POLI MATA RSUDZA PERIODE 21-25 MEI 2012 (IKA INDA BANI, 2015)

ANALISIS RISIKO KONSTRUKSI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PADA PROYEK GEDUNG PUSAT PERBELANJAAN MODERN/MALL BANDA ACEH (Nurayati Ira Lestari, 2014)

MANAJEMEN RISIKO SISTEM RANTAI DINGIN BABY TUNA MENGGUNAKAN METODE FMEA DAN ISM (STUDI KASUS : PT. ACEH LAMPULO JAYA BAHARI - LAMPULO, KEC. KUTA ALAM, BANDA ACEH) (Aldary Rachmadi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.