//

PENGARUH PERILAKU PHUBBING AKIBAT PENGGUNAAN SMARTPHONE BERLEBIHAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuna Yusnita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Perilaku Phubbing Akibat Penggunaan Smartphone Berlebihan terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat, menjelaskan dan menggambarkan apakah ada pengaruh perilaku phubbing akibat penggunaan smartphone berlebihan terhadap interaksi sosial mahasiswa. Sebagai kata baru, phubbing merupakan sebuah singkatan dari kata phone dan snubbing yang digunakan untuk menunjukkan sikap mengabaikan lawan bicara dengan menggunakan smartphone yang berlebihan. Penelitian yang menggunakan rumus Slovin presisi 10% yaitu dengan 100 sampel yang dianggap bisa mewakili populasi pada penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Teori Depedensi Media merupakan teori utama yang digunakan pada penelitian ini, dimana menurut teori ini seseorang yang semakin menggantungkan kebutuhannya untuk dipenuhi oleh penggunaan media, maka semakin penting peran media dalam hidup orang tersebut dan akan semakin memiliki pengaruh kepada orang tersebut. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif analisis deskriptif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah sebesar 9,632 dan nilai ttabel pada 0,05 pada uji dua sisi diketahui 1,984, maka Ha diterima, dan dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh nilai b = 0,625 (62,5%) dengan taraf signifikansi 0,000 artinya perilaku phubbing akibat penggunaan smartphone berlebihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap interaksi sosial mahasiswa. Kata Kunci: Perilaku, Phubbing, Smartphone, Interaksi Sosial, Depedensi Media

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM INTERAKSI SOSIAL ANAK MUDA (STUDI TERHADAP MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ikram Fuadi, 2018)

PERUBAHAN INTERAKSI SOSIAL PADA PENGGUNA SMARTPHONE (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Syahril Fajar, 2018)

POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA LUAR ACEH DAN MAHASISWA ACEH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajiah, 2018)

PERBEDAAN PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA DITINJAU BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Zainab Maryati, 2015)

PERILAKU PENGGUNA SAMSUNG GALAXY DALAM INTERAKSI SOSIAL (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Cut Liza Novita Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy