Search :

Advance


HUBUNGAN LAMA KATETERISASI URETRA TERHADAP INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN PASCA OPERASI ORTHOPEDI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Randika Gundra Pratama - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama kateterisasi uretra terhadap infeksi saluran kemih pada pasien pasca operasi orthopedi di RSUD dr.Zainoel Abidin. Penelitian ini menggunakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2017 – 28 Februari 2017. Besar sampel sebanyak 50 pasien pria pasca operasi orthopedi yang menggunakan kateter uretra. I nfeksi saluran kemih diukur dengan pemeriksaan kultur urin. Hasil penelitian ini, d itemukannya 5 kasus positif infeksi saluran kemih (10%) pada pasien yang menggunakan kateter uretra selama 3 hari dan tidak ditemukan infeksi saluran kemih pada pasien pasc a operasi orthopedi yang menggunakan kateter uretra selama 1 hari. Berdasarkan hasil uji Koefisien Kontijensi didapatkan bahwa terdapat hubungan lama kateterisasi uretra terhadap infeksi saluran kemih pada pasien pasca operasi orthopedi di RSUDZA ( P value = 0,018) dengan kekuatan ko relasi lemah ( r = 0,316). Kata Kunci : Infeksi Saluran Kemih, Lama kateterisasi uretra, Pasien pasca operasi Orthpedi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DIET TINGGI LEMAK DENGAN KEJADIAN BATU SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (thia novita, 2015)

HUBUNGAN ANTARA PEMASANGAN KATETER DENGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN KEMIH PADA PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAMRNRSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2012 (RONY A. SAMAD, 2014)

INSIDENSI INFEKSI SALURAN KEMIH PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI POLI KEBIDANAN DAN KANDUNGAN RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ade Irmaiyanti, 2017)

PENGARUH PEMASANGAN DOUBLE-J STENT TERHADAP TIMBULNYA INFEKSI SALURAN KEMIH (Riri Putria, 2015)

ISOLASI, IDENTIFIKASI DAN UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK BAKTERI PENYEBAB INFEKSI NOSOKOMIAL SALURAN KEMIH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (IDEBINA PASLIKO, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.