//

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI INTENSIVE CARE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROSSA HASBELLA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Unit rawat intensif merupakan area khusus dimana pasien yang mengalami kritis memperoleh pelayanan medis dan keperawatan yang khusus. Kondisi ini memungkinkan anggota keluarga memperoleh tantangan, stress dan kecemasan. Beberapa hal yang perlu diketahui keluarga seperti kondisi pasien, rencana perawatan, tindakan yang akan diberikan dan komplikasi yang mungkin terjadi kepada pasien harus disampaikan secara jelas dan akurat sehingga dapat mengurangi tekanan psikologis terhadap kecemasan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian informasi dengan tingkat kecemasan pada keluarga pasien yang dirawat di Intensive Care Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan metode descriptive correlative dengan teknik pengumpulan data adalah total sampling pada 96 keluarga di ruang intensif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner dengan dua item yaitu pemberian informasi yang dikembangkan sendiri oleh peneliti dan kuesioner kecemasan baku STAI oleh Spielberger. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Dari hasil analisis bivariat pemberian informasi dengan tingkat kecemasan keluarga (p=0,02), informasi diagnostik (p=0,008) dan informasi prognosis (p=0,01). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara pemberian informasi dengan tingkat kecemasan keluarga. Penelitian ini menyarankan bagi pihak rumah sakit agar dapat memberikan informasi minimal sekali dalam sehari dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh keluarga sehingga dapat mengurangi tingkat kecemasan keluarga. Bagi keluarga diharapkan dapat bertanya kepada tenaga kesehatan tentang penyakit pasien serta memantau perkembangan pasien sehingga lebih memahami kondisi penyakit pasien. Kata Kunci : Pemberian Informasi, Tingkat Kecemasan, Keluarga Intensive Care Sumber Bacaan : 19 buku + 17 jurnal + 8 sumber online (2002-2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT RUMAH SAKIT TK II KESDAM ISKANDAR MUDA BANDA ACEH (Agus Nafdianto, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (zakiarrahman, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nelfi Ahul Lishani, 2018)

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KELUARGA DENGAN ANGGOTA KELUARGA DIRAWAT DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SITI AMALIA HUSNA, 2018)

PELAKSANAAN PATIENT CENTERED CARE (PCC) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Anggie Havistia Rachma, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy