Search :

Advance


GAMBARAN PELAYANAN KESEHATAN KOMPREHENSIF PADA KLIEN YANG BERKUNJUNG KE WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wasil Mudrikah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Puskesmas berfungsi untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan dasar yang meliputi upaya promotif, upaya preventif, upaya kuratif dan upaya rehabilitatif bagi masyarakat akan tetapi faktanya puskesmas sering menjadi tempat untuk pelaksanaan upaya pelayanan kesehatan kuratif saja, karena kebanyakan pasien datang untuk melakukan pengobatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelayanan kesehatan komprehensif pada klien Desa Lambaro Sukon yang berkunjung ke Puskesmas Darussalam Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 85 responden. Teknik pengambilan sampel total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berjumlah 20 pertanyaan dengan teknik pengumpulan data wawancara terpimpin. Metode analisa data dengan mencari mean (rata-rata) dalam bentuk analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan gambaran pelayanan kesehatan komprehensif pada klien yang berkunjung ke wilayah kerja Puskesmas Darussalam Aceh Besar berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan gambaran pelayanan promotif berada dalam kategori kurang (52,9%), pelayanan preventif berada dalam kategori baik (55,3%), pelayanan kuratif berada dalam kategori kurang (60,0%) dan pelayanan rehabilitatif berada dalam kategori baik (61,2%). Diharapkan petugas kesehatan di puskesmas dalam pemberian pelayanan kesehatan secara komprehensif lebih di tingkatkan lagi untuk membantu peningkatan taraf kesehatan pada masyarakat khususnya pada masyarakat yang berkunjung ke wilayah kerja Puskesmas Darussalam Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SOSIALISASI DAN PERHATIAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (Aulia Fachry Amri, 2016)

GAMBARAN POTENSIAL KEKAMBUHAN KLIEN GANGGUAN JIWA DITINJAU DARI MANAJEMEN PEMBERIAN OBAT KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2012 (DENI WAHYUNI, 2014)

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (dewi sartika saragih, 2015)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.