Search :

Advance


GAMBARAN PENYAKIT KLIEN YANG BEROBAT DI PUSKESMAS KOTAMADYA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YURI RORITA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Angka kejadian penyakit setiap tahunnya terus meningkat, terutama di Kota Banda Aceh sebagai daerah Urban yang mempengaruhi gaya hidup anggota masyarakat sehingga rawan timbul masalah kesehatan khususnya tentang klasifikasi penyakit, hingga saat ini Puskesmas Kota Banda Aceh belum ada data morbiditas terutama menyangkut tentang angka kejadian penyakit menular, penyakit tidak menular dan gangguan sistem tubuh. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan gambaran penyakit klien yang berobat di Puskesmas Kotamadya Banda Aceh ditinjau dari segi penyakit menular, penyakit tidak menular dan gangguan sistem tubuh yang dilakukan di Puskesmas Kotamadya Banda Aceh dari tanggal 1 - 30 April 2017. Jenis penelitian ini adalah descriptive dengan desain cross sectional study. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh klien yang berobat di Puskesmas Kotamadya Banda Aceh sebanyak 5238 jiwa yang diperoleh dari laporan puskesmas berupa data sekunder dengan menggunakan metode total sampling. Metode analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Berdasarkan hasil penelitian penyakit tidak menular mendominasi angka kesakitan di Puskesmas yaitu sebesar (69,1%) dengan penyakit tertinggi Hipertensi (18,9%) di Puskesmas Kuta Alam sedangkan penyakit menular (30,9%) dengan penyakit tertinggi yaitu Common Cold (58,3%) di Puskesmas Batoh dan gangguan sistem tubuh tertinggi yaitu gangguan sistem pernapasan (34,5%) di Puskesmas Batoh sebanyak 338 (45,3%) orang. Puskesmas dapat meningkatkan upaya promotif dan preventif kesehatan untuk meminimalkan komplikasi penyakit yang dominan ditemukan dengan melibatkan kerjasama lintas program dan sektor yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kotamadya Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KELENGKAPAN ALAT DAN BAHAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PUSKESMAS KOTAMADYA BANDA ACEH (NAJAL MIZANA, 2015)

GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA TENTANG PELAYANAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT DI PUSKESMAS BANDA RAYA KOTAMADYA BANDA ACEH (MUHAMMAD JUANDA, 2016)

GAMBARAN POTENSIAL KEKAMBUHAN KLIEN GANGGUAN JIWA DITINJAU DARI MANAJEMEN PEMBERIAN OBAT KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2012 (DENI WAHYUNI, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PENGAWAS MENELAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.