Search :

Advance


PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irfan Zuhdiansyah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kegiatan penambangan batubara oleh PT. Bukit Asam yang berlokasi di Kecamatan Merapi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, menggunakan sistem tambang terbuka yang merupakan metode konvensional. Terdapat kombinasi kerja alat muat dengan alat angkut pada proses penambangan dari front sampai menuju stockpile. Dengan rincian alat yaitu: 1 unit Komatsu PC 400 dengan 5 unit Hino 500 FM 320 HDN. Target produksi yang ditetapkan sebesar 170.000 Ton/bulan, secara perhitungan tercapai sebesar 149.820,67 Ton/bulan untuk alat muat dan 152.941,61 Ton/bulan untuk alat angkut. Hal ini dikarenakan rendahnya nilai effective utilization sebesar 67,64 % untuk alat angkut dan 68,46 % yang diakibatkan tingginya curah hujan, dan faktor lainnya yang mempengaruhi produksi karena terjadi antrian pada alat angkut dalam menerima pelayananan muatan batubara oleh alat muat sehingga menyebabkan kehilangan waktu produksi. Dengan menggunakan teori antrian dapat memberikan informasi mengenai kinerja alat dan sumber permasalahan, dan solusi alternatif untuk menghilangkan antrian yaitu dengan mengurangi jumlah pengisian menjadi 7 dan dapat menghasilkan produksi sebesar 166.024,9 ton/bulan. Kata kunci: Produksi, antrian, effective utilization.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA TAMBANG KUARI BATUGAMPING DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH (Muhammad Iqbal, 2017)

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI DAN TEORITIS ALAT MEKANIS PADA PENGUPASAN OVERBURDEN PIT TAMAN TAMBANG AIR LAYA PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (Sayed Hubbul Walidainy, 2017)

ANALISIS TEKNIS PENGGUNAAN PERALATAN KAPASITAS BESAR UNTUK PEMINDAHAN OVERBURDEN BULAN AGUSTUS 2016 DI PIT SUBAN TAMBANG AIR LAYA TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (M. Iqbal, 2017)

OPTIMASI PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGANGKUTAN BATUBARA CRUSHED DI PT. MIFA BERSAUDARA, KABUPATEN ACEH BARAT, ACEH (Ririn Sundari, 2016)

OPTIMASI PRODUKTIVITAS ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGANGKUTAN BATUBARA CRUSHED DI PT. MIFA BERSAUDARA, KABUPATEN ACEH BARAT, ACEH (Eka Yulianti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.