//

PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PROSES PENAMBANGAN BATUBARA MENGGUNAKAN ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 400 DAN ALAT ANGKUT HINO 500 FM 320 PD DI SITE MUARA TIGA BESAR SELATAN PT. BUKIT ASAM, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irfan Zuhdiansyah - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Kegiatan penambangan batubara oleh PT. Bukit Asam yang berlokasi di Kecamatan Merapi,Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, menggunakan sistem tambang terbuka yang merupakan metode konvensional. Terdapat kombinasi kerja alat muat dengan alat angkut pada proses penambangan dari front sampai menuju stockpile. Dengan rincian alat yaitu: 1 unit Koamatsu PC 400 dengan 5 unit Hino 500 FM 320 PD. Target produksi yang ditetapkan sebesar 170.000 ton/bulan, secara perhitungan tercapai sebesar 149.820,67 ton/bulan untuk alat muat dan 152.941,61 ton/bulan untuk alat angkut. Hal ini dikarenakan rendahnya nilai effective utilization sebesar 67,64% untuk alat angkut dan 68,46% yang diakibatkan tingginya curah hujan, dan faktor lainnya yang mempengaruhi produksi karena terjadi antrian pada alat angkut dalam menerima dalam menerima pelayanan muatan batubara oleh alat muat sehingga menyebabkan kehilangan waktu produksi. Dengan menggunakan teori antrian dapat memberikan informasi mengenai kinerja alat dan sumber permasalahan, dan solusi alternatif untuk menghilangkan antrian yaitu dengan menggunakan jumalah pengisian menjadi 7 dan dapat menghasilkan produksi sebesar 166.024,9 ton/bulan. kata kunci: produksi, antrian, effective utilization

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI JAM KERJA EFEKTIF DAN KESERASIAN KERJA ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 800 SE DENGAN ALAT ANGKUT SCANIA P 420 PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK (MUHAMMAD FADHIL, 2018)

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI MUAT DAN ANGKUT PENAMBANGAN BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA (T RYO ROSMANDA PARASAMIA, 2018)

OPTIMASI PRODUKSI BATUGAMPING DENGAN MENGGUNAKAN METODE KAPASITAS PRODUKSI DAN TEORI ANTRIAN DI PT. SEMEN PADANG, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG, SUMATERA BARAT (Wezzely Andru Siswara, 2017)

KAJIAN TEKNIS KESERASIAN KERJA ALAT DAN TEORI ANTRIAN GUNA MENCAPAI TARGET PRODUKSI PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 UTARA BANKO BARAT PT BUKIT ASAM, TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (M. Rizki Mufty, 2018)

KAJIAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT GALI-MUAT BACKHOE PC 200 DAN BACKHOE PC 400 PADA KEGIATAN LOADING BATUBARA DI BLOK 8 PT INTI BARA PERDANA BENGKULU TENGAH, BENGKULU (Rizki Maulana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy