Search :

Advance


PEMBUATAN MI KERING DARI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA DURCH) DENGAN VARIASI HIDROKOLOID

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Evi Nurjanah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Abstrak Penggunaan tepung labu kuning sebagai bahan dasar pada pembuatan mi dapat dijadikan sebagai sumber pangan fungsional karena mengandung betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui mutu fisiko kimia dan organoleptik, dengan penambahan tepung kacang hijau dan tepung kacang kedelai sebagai sumber protein terhadap jenis dan konsetrasi hidrokoloid pada pembuatan mi kering tepung labu kuning. Penelitian ini menggunakan Rangcangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor yang pertama adalah jenis hidrokoloid (H): CMC, Karagenan, Xanthan gum dan Guar gum. Faktor kedua yaitu konsetrasi hidrokoloid (K): 1%, 1,5% dan 2% dari total adonan mi. Mi yang dihasilkan selanjutnya dianalisis kadar air, kadar abu, daya serap air, cooking loss, cooking time, uji organoleptik. Untuk sampel terbaik dilanjutkan analisis kadar lemak, karbohidrat, protein, dan serat kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan terbaik pada penelitian ini yaitu dengan perlakuan xanthan gum 1% dengan kadar abu 0,26%, kadar air 2,61%, karbohidrat 47,28%, serat kasar 16,50% kadar protein 8,23% dan lemak 22,70%, daya serap air 256,14 %, cooking loss 17,16% dan cooking time 11,15 menit dan organoleptik warna, rasa, aroma dan tekstur, semuanya netral. Kata kunci : Labu kuning, jenis hidrokoloid, konsetrasi hidrokoloid, mi kering

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN MI KERING DARI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA DURCH) DENGAN VARIASI HIDROKOLOID (Cut Evi Nurjanah, 2017)

STANDARISASI RESEP KUE BHOI DENGAN PENCAMPURAN TEPUNG LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA,L) (CUT PUTRI BALKIS, 2015)

PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI KITOSAN DAN PATI LABU KUNING (CUCURBITA MOSCHATA) DENGAN MINYAK JARAK (CASTOR OIL) SEBAGAI PEMLASTIS (Munandar, 2017)

PENGARUH JENIS LABU KUNING DAN RASIOTEPUNG TERIGU DAN TEPUNG LABU KUNING PADA PEMBUATAN MIE DAN BASAH (sabila, 2013)

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG LABU KUNING(CUCURBITA MOSCHATA) DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP KUALITAS WARNA IKAN MASKOKI (CARASSIUS AURATUS) (Sausan Nazhira, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.