Search :

Advance


GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KONSELING KELUARGA BERENCANA PADA IBU POSTPARTUM DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riski Noviyanty - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Periode postpartum merupakan masa yang tepat untuk memulai menggunakan kontrasepsi dalam mengatur jarak kehamilan atau membatasi jumlah anak demi kesehatan ibu dan bayinya. Hal ini akan tercapai dengan adanya konseling KB yang tepat sehingga akan membantu ibu postpartum dalam memilih dan menggunakan kontrasepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan konseling KB yang ditinjau dari 5 dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy pada ibu postpartum di wilayah Kota Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu postpartum pada bulan Oktober sampai Desember 2016 di wilayah kerja Puskesmas Meuraxa, Baiturrahman dan Jaya Baru yang berjumlah 217 jiwa dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportional Random Sampling dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan konseling keluarga berencana pada ibu postpartum secara umum berada pada kategori puas (66,7%). Dengan dimensi Tangibles berada pada kategori tidak puas (53,3%), Reliability berada pada kategori puas (64,0%), Responsiveness berada pada kategori puas (86,7%), Assurance berada pada kategori puas (66,7%) dan Empathy berada pada kategori puas (77,3%) dengan gap score negative terdapat pada dimensi Tangibles (-0,39), Reliability (-0,04) dan Assurance (-0,05) serta gap score positive Responsiveness (0,30) dan Empathy (0,06). Hal ini menunjukkan perlu adanya penyempurnaan kualitas konseling keluarga berencana pada ibu postpartum dari segi kelengkapan peralatan dan fasilitas pelayanan yang baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI DAN KETERSEDIAAN FASILITAS PELAYANAN KELUARGA BERENCANA TERHADAP KEPUTUSAN PRAKTEK KELUARGA BERENCANA KELUARGA PETANI MISKIN DIKECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (Abdul Muzammil, 2014)

PENGETAHUAN DAN SIKAP DOKTER UMUM TERHADAP KEDOKTERAN KELUARGA BANDA ACEH TAHUN 2013 (CUT DWI FATMAWATI, 2013)

HUBUNGAN JUMLAH PARITAS DENGAN KEJADIAN RNPERDARAHAN POSTPARTUM DI RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2011 (Raihanun Nisa Dinur, 2015)

KESULITAN YANG DIHADAPI GURU BK YANG BERLATAR PENDIDIKAN NON BK DALAM MENANGANI MASALAH SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH) (Safriandi, 2017)

HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (SUATU PENELITIAN PADA SMP NEGERI BANDA ACEH) (Seri Astuti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.