Search :

Advance


RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Akmal Mukti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran resistensi beberapa jenis antibiotik terhadap bakteri Escherichia coli yang diisolasi dari ayam broiler di Pasar Rukoh. Prosedur identifikasi E.coli menggunakan metode Bacteriological Analytic Manual (BAM) dan pengujian kepekaan bakteri E.coli terhadap antibiotik dilakukan dengan metode difusi cakram (disc diffusion method). Penelitian ini menggunakan 4 sampel bagian paha atas dan 4 sampel bagian punggung dari ayam broiler, antibiotik yang digunakan yaitu ampisilin, gentamisin, streptomisin, siprofloksasin, eritromisin, sulfametoksasol, dan tetrasiklin. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan resistensi antibiotik streptomisin, eritromisin dan ampisilin sebanyak 8 isolat, tetrasiklin dan gentamisin 5 isolat, siproflokasin 4 isolat dan sulfametoksasol 3 isolat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan Isolat bakteri E.coli dari ayam broiler yang diperoleh menunjukkan tingkat resistensi antibiotik cukup tinggi, kecuali antibiotik jenis sulfametoksasol.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESISTENSI ESCHERICHIA COLI TERHADAP ANTIBIOTIK DARI DAGING AYAM BROILER DI PASAR RUKOH (Akmal Mukti, 2017)

PENGUJIAN RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN (SWALAYAN) DI KOTA BANDA ACEH (Ovi Juliana, 2015)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING BROILER YANG TERDAPAT DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KABUPATEN PIDIE (Muhammad Afzal, 2015)

GAMBARAN ERITROSIT AYAM BROILER YANG DIBERI EKSTRAK ETANOL KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) DAN DIINFEKSIKAN ESCHERICHIA COLI (Tiara Darma Putri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.