Search :

Advance


UPAYA MASYARAKAT DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA BANJIR DI GAMPONG BUGA KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novita Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Provinsi Aceh merupakan daerah yang sangat rawan bencana alam, khususnya bencana banjir terutama di Kabupaten Aceh Besar. Banjir dapat menyebabkan kerugian harta benda, kehilangan mata pencaharian penduduk bahkan kehilangan nyawa. Maka dari itu diperlukan upaya masyarakat dalam mengurangi risiko bencana banjir yang terdiri dari mengurangi bahaya, mengurangi kerentan dan meningkatkan kapasitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya masyarakat dalam mengurangi risiko bencana banjir di Gampong Buga Kecamatan Seulimeum Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan deskriptif ekploratif dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun sampel berjumlah 157 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likertterdiri dari 26 pertanyaan. Hasil penelitian mengenai upaya masyarakat dalam mengurangi risiko bencana banjir pada kategori baik (63,1%), upaya masyarakat dalam mengurangi bahaya pada kategori baik (61,8%), upaya masyarakat dalam mengurangi kerentanan pada kategori baik (54,1%) dan upaya masyarakat dalam meningkatkan kapasitas bencana banjir pada kategori kurang (66,9%). Direkomendasikan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengadakan penyuluhan dan simulasi bencana, dan untuk aparat desa dapat meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap penanggulangan bencana banjir.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR PADA MASYARAKAT DAERAH RISIKO TINGGI DAN RISIKO RENDAH BANJIR DI GAMPONG BUGA DAN PEUKAN SEULIMEUM KECAMATAN SEULIMEUM ACEH BESAR (Dasma Intan Sari, 2017)

GAMBARAN RESILIENSI MASYARKAT PASCA BENCANA BANJIR DI GAMPONG BUGA KECAMATAN SEULIMUEM ACEH BESAR (Raudhatun Nufus, 2017)

IDENTIFIKASI KERENTANAN LINGKUNGAN DAN KERENTANAN EKONOMI WILAYAH DARI RISIKO BENCANA BANJIR ROB DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Asrul, 2015)

ANALISIS TINGKAT KERENTANAN DAN KAPASITAS MASYARAKAT TERHADAP BENCANA BANJIR BANDANG KECAMATAN CELALA KABUPATEN ACEH TENGAH (Wahyuni, 2016)

ANALISIS BANJIR BANDANG KOTA SABANG (Murdiana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.