Search :

Advance


GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN DIET PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mai Anisa - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Hipertensi adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol dengan modifikasi gaya hidup terutama diet dan minum obat yang teratur. Diet pada pasien hipertensi dijalani seumur hidup yang berupa pengaturan pola makan dan ketepatan makan pasien. Menjalani diet dalam waktu yang lama membuat pasien merasa bosan, stres dan tidak berdaya yang mengakibatkan pasien tidak patuh pada diet sehingga hipertensi tidak terkontrol. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan pasien terhadap diet. Ketika pasien tidak patuh pada program diet dan hipertensinya tidak terkontrol maka akan muncul komplikasi pada organ target seperti jantung, penyakit serebrovaskular, penyakit pembuluh darah perifer, penyakit ginjal dan kerusakan retina. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan diet pada pasien hipertensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptive eksploratif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah pasien hipertensi yang berkunjung ke Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dalam bentuk skala Guttman yang terdiri dari 28 pernyataan. Metode analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian yang didapatkan dari 150 responden, usia terbanyak ialah dewasa menengah 64,7%, jenis kelamin terbanyak laki-laki 54%, tingkat pendidikan terbanyak pendidikan dasar 40,7%, responden terbanyak ialah yang bekerja 52%, lama menderita hipertensi yang paling banyak ≤5 tahun 72,7%, responden yang menggunakan asuransi kesehatan adalah 100%, pengetahuan responden tentang diet hipertensi berada dalam kategori baik yaitu sebanyak 89,3%, dukungan keluarga yang didapatkan oleh responden juga dalam kategori baik yaitu 84,7%, responden yang mendapatkan peran tenaga kesehatan yang baik ialah 78%, motivasi tentang diet pada responden berada dalam kategori kurang yaitu 59,3% dan responden yang tidak patuh terhadap pola makan adalah 60,7%. Direkomendasikan kepada perawat ruangan agar dapat memberikan informasi dan meningkatkan perhatian terhadap kepatuhan diet pasien, bagi pasien sendiri agar lebih sadar dan peduli terhadap kesehatannya karena obat saja tidak cukup untuk mengontrol tekanan darah tetapi perlu disertai dengan diet sehari-hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI DIET RENDAH NATRIUM PADA PASIEN HIPERTENSIRNDI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (RAISHA ISWATINA, 2014)

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN DIET PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mai Anisa, 2017)

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA PASIEN HIPERTENSI RINGAN DAN SEDANG DI POLI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Meliza, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.