//

GAMBARAN STRATEGI MENGURANGI STRES YANG DIGUNAKAN OLEH PASIEN PREOPERASI FRAKTUR EKSTREMITAS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dayna Lupita Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Fraktur membutuhkan tindakan operasi. Persiapan preoperasi akan menimbulkan stres sehingga diperlukan strategi mengurangi stres. Strategi untuk mengurangi stres terdiri dari dukungan sosial, diet yang sehat, melakukan teknik relaksasi, praktik spiritual dan humor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi mengurangi stres yang digunakan oleh pasien preoperasi fraktur ekstremitas di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Populasi adalah semua pasien preoperasi fraktur ekstremitas yang berada di ruang Raudhah II, III, VI dan VII Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling, yaitu sebanyak 67 responden. Alat penggumpulan data berupa kuesioner terdiri 25 item pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan strategi mengurangi stres berupa dukungan sosial pada kategori baik (76,1%), diet yang sehat pada kategori baik (82,1%), melakukan teknik relaksasi pada kategori kurang (55,2%), praktik spiritual pada kategori baik (85,1%), humor pada kategori kurang (53,7%), penelitian ini menunjukkan bahwa strategi mengurangi stres yang digunakan oleh pasien preoperasi fraktur ekstremitas di Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh adalah baik (68,7%). Direkomendasikan kepada pasien dan keluarga untuk dapat meningkatkan teknik relaksasi dan humor pada pasien preoperasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PEMASANGAN FIKSASI PADA FRAKTUR TULANG PANJANG DENGAN TINGKAT STRES PADA PASIEN PASCA BEDAH ORTOPEDI DI RSUDZA BANDA ACEH (dara octaviani, 2016)

GAMBARAN PASIEN FRAKTUR DAN HARI RAWATAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS DI BANDA ACEH (PUTRI WALIDATUL, 2016)

GAMBARAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA BEDAH FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (selvia nazar wati, 2016)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

IDENTIFIKASI PENYEBAB KETERLAMBATAN MENDAPAT RNPERAWATAN PADA PASIEN FRAKTUR EXTREMITAS RNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL RNABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2015 (Sukmalahayati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy