Search :

Advance


SURVEI GEOKIMIA PENENTUAN KADAR EMAS MENGGUNAKAN METODE X-RAY DIFFRACTION (XRD) DI GUNONG UJEUN KECAMATAN KRUENG SABEE ACEH JAYA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muntazar - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Survei geokimia dilakukan untuk mendeteksi kandungan dari berbagai jenis mineral yang ada. Identifikasi emas pada batuan dari lokasi penambangan emas rakyat di Gunong Ujeun, Krueng Sabee, Aceh Jaya menggunakan metode X-Ray Diffraction (XRD) telah dilakukan. Pada penelitian ini, proses identifikasi mineral dilakukan pada beberapa lokasi di Krueng Sabee. Selanjutnya sampel tersebut akan dianalisis kadar emasnya menggunakan alat X-Ray Diffractometer. Data pengujian menggunakan XRD kemudian akan dianalisis menggunakan aplikasi Match! 3. Hasil analisis menunjukkan bahwa mineral silika (SiO2) merupakan mineral utama yang terkandung pada setiap batuan dari 6 lokasi, kandungan emas tertinggi terdapat pada lokasi BT-02 dengan kadar 1,746 % dan lokasi terendah yaitu lokasi BT-04 dengan kadar 0,029 %. Pengujian dilakukan menggunakan Cu-Ka dengan panjang gelombang 1,542 Å. Hasil akhir kemudian akan diinterpretasikan dalam bentuk peta persebaran emas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SURVEI GEOKIMIA BATUAN UNTUK MENENTUKAN KADAR KANDUNGAN BESI MENGGUNAKAN METODE X-RAY DIFFRACTION (XRD) DI GUNONG UJEUN KECAMATAN KRUENG SABEE ACEH JAYA (Muyassir, 2017)

INVESTIGASI PENYEBARAN MERKURI (HG) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURVEI GEOKIMIA DENGAN ANALISIS (ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY- AAS) DI GAMPONG DATAR LUAS DAN SEKITARNYA KECAMATAN KRUENG SABE ACEH JAYA (Rasdino Winata, 2017)

ANALISIS TANAH MENGGUNAKAN METODE ATOMIC ABSORPTION SPECTROPHOTOMETRY (AAS) UNTUK MENGETAHUI PENYEBARAN KADAR MERKURI (HG) DI DESA DATAR LUAS DAN DESA BUNTA KECAMATAN KRUENG SABE KABUPATEN ACEH JAYA (Alfisyahrin, 2017)

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH JAYA DALAM PENGELOLAAN PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT(STUDI KASUS PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KRUENG SABEE) (AMINAH, 2014)

ANALISA LOGAM BERAT HG PADA SEDIMEN DI ESTUARI KRUENG SABEE, PANGA, DAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (RIFKI RAHMAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.