//

ANALISIS PENERAPAN LINE BALANCING DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DAN METODE RANKED POSITION WEIGHT (RPW) (STUDI KASUS: CV. IJA KROENG - SEUTUI, BANDA ACEH, INDONESIA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Abdul Hanan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Metode line balancing diperlukan untuk merencanakan dan mengendalikan suatu aliran produksi sehingga dapat meningkatkan output produksi. Perusahaan mengevaluasi dan memperbaiki lintasan produksi dengan tujuan untuk memaksimalkan efisiensi kerja dan meminimalkan ketidakseimbangan dari lintasan produksi. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah ketidakseimbangan lintasan pada proses produksi pembuatan kain sarung khas Aceh sehingga menyebabkan terjadinya bottleneck. Ranked position weigth (RPW) merupakan proses menentukan bobot-bobot dari proses produksi yang kemudian akan disusun dalam work station yang efektif guna meningkatkan efisiensi kerja pada lintasan produksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data waktu proses produksi, jumlah jam kerja dan target produksi. Untuk mengetahui efisiensi proses produksi saat ini maka dibuat model simulasi dengan menggunakan software Arena. Pembuatan usulan perbaikan dibuat menggunakan metode RPW dan pendekatan simulasi untuk mendapatkan jumlah stasiun kerja yang optimal. Hasil dari penerapan metode RPW didapatkan bahwa terjadi peningkatan efisiensi lintasan produksi yang lebih baik yaitu dari 65% menjadi 88,3% dengan 3 work station.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA PADA PEDAGANG DI PASAR SEUTUI (Saifani Syahliza S, 2016)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN KOKOH PEJUANG DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI UTEUN PULO NAGAN RAYA (Rima Prajuita, 2014)

POLA PEMBINAAN AGAMA DAN MORAL ANAK DI PANTI ASUHAN ISLAM MEDIA KASIH SEUTUI BANDA ACEH (Sri Rahma Yulis, 2014)

PERBANDINGAN PERFORMANSI CLUSTER LOAD BALANCING PADA WEB SERVER VIRTUAL DENGAN WEB SERVER FISIK (Aufa Nur Istiqlal, 2013)

STUDI POTENSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (SURYA-BAYU) DI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (T. Syaufi Hayu, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy