Search :

Advance


PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN MASYARAKAT TERHADAP PENCEGAHAN PENYAKIT MENULAR AKIBAT BANJIR DI GAMPONG LON ASAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EPI SUSANTI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Aceh merupakan salah satu provinsi yang sangat rawan terjadi bencana alam, khususnya bencana banjir. Banjir memberikan berbagai macam dampak bagi masyarakat, diantaranya muncul berbagai macam penyakit seperti infeksi pernapasan akut, demam berdarah, malaria, diare, penyakit kulit, dan lainnya. Pengetahuan masyarakat berpengaruh terhadap sikap dan tindakan yang dilakukan untuk mencegah penyakit menular akibat banjir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan masyarakat terhadap pencegahan penyakit menular akibat banjir di Gampong Lon Asan Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif melalui desain cross sectional study. Populasinya adalah masyarakat Gampong Lon Asan yang berjumlah 156 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah sampel sebanyak 85 KK yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Guttman terdiri dari 14 item pernyataan dan skala Likert terdiri dari 24 item pernyataan. Hasil penelitian diperoleh pengetahuan masyarakat terhadap pencegahan penyakit menular akibat banjir berada pada kategori baik (96,5%), sikap masyarakat terhadap pencegahan penyakit menular akibat banjir termasuk berada pada kategori baik (97,6%), tindakan masyarakat terhadap pencegahan penyakit menular akibat banjir berada pada kategori benar (97,6%). Diharapkan masyarakat dapat mempertahankan pengetahuan, sikap dan perilakunya dalam upaya pencegahan penyakit menular akibat banjir. Penelitian ini juga mengharapkan agar pemerintah terkait dapat membuat program-program seperti promosi kesehatan yang dapat mempertahankan pengetahuan, sikap serta perilaku masyarakat untuk terus termotivasi dalam mencegah penyakit menular akibat banjir melalui program kerja Puskesmas. Kata kunci: pengetahuan, sikap, tindakan, banjir, pencegahan, penyakit menular

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT TERHADAP TINDAKAN PENANGGULANGAN BANJIR DI DESA LON ASAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmad Ridha, 2017)

TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA (Ernarita, 2015)

SIKAP DAN PERILAKU PETERNAK SAPI ACEH DALAM UPAYA PENGENDALIAN BRUCELLOSIS DI LEMBAH SEULAWAH ACEH BESAR (AFNAN, 2016)

PERSEPSI MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN KONFLIK GAJAH-MANUSIA TERHADAP KONSERVASI GAJAH DAN HABITATNYA DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Putri Hilmayanti, 2016)

ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT (Saifuddin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.