Search :

Advance


VALIDASI DISTRIBUSI FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN DENGAN METODE KUZ-RAM DAN SPLIT DESKTOP SOFTWARE PADA PT. LAFARGE HOLCIM, ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Chandra F - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Metode pengeboran dan peledakan diterapkan di PT. Macmahon Indonesia untuk memberai batuan pada kegiatan penambangan limestone. Limestone digunakan sebagai bahan baku produksi semen. Penelitian berlangsung di Kuari 1 dan Kuari 2 yang terletak di PT. Lafarge Holcim, Lhoknga, Aceh Besar. Fragmentasi hasil peledakan diharapkan berukuran tidak lebih dari 100 cm yang disesuaikan dengan kemampuan alat peremuk batuan dalam menerima umpan. Distribusi fragmentasi diketahui dengan pengukuran fragmentasi batuan secara langsung dengan split desktop software serta prediksi dengan model Kuz-Ram. Pada pengamatan di lapangan tidak ditemukan hasil fragmentasi batuan yang berukuran ≥ 100 cm. Perbandingan pengukuran aktual di lapangan dengan prediksi model Kuz-Ram dilakukan untuk mengetahui seberapa tepat prediksi menggunakan model Kuz-Ram. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa hasil prediksi model Kuz-Ram mendekati hasil pengukuran aktual sebanyak 98%. Dengan burden 3 m, spasi 4 – 6 m, stemming 3 – 4 m, powder charge 9 – 13 m, kedalaman lubang ledak 12 – 17 m, memberikan nilai powder factor rata-rata 0,30 kg/bcm. Hasil peledakan menunjukkan fragmentasi batuan telah memenuhi ekspektasi perusahaan. Kata Kunci: fragmentasi batuan, model Kuz-Ram, peledakan, persentase, split desktop

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN METODE PENDEKATAN PREDIKSI KUZ-RAM MODEL DENGAN DIGITAL IMAGE ANALYSIS TERHADAP UKURAN FRAGMENTASI HASIL PELEDAKAN (Bella Hazmelia, 2017)

ANALISIS FRAGMENTASI MENGGUNAKAN IMAGE ANALYSIS PHOTOGRAPHY DAN MODEL KUZ-RAM TERHADAP BATUAN HASIL PELEDAKAN DI PT. HOLCIM INDONESIA, NAROGONG, JAWA BARAT (Iqbal Januari Pratama, 2016)

PERBANDINGAN FRAGMENTASI PELEDAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL DAN IMAGE ANALISIS DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT (M Yudha Kurniawan, 2016)

IMPLIKASI BIAYATERHADAP PEMAKAIAN BAHAN PELEDAK PADA TAMBANG QUARRY PT. LAFARGE, PT. HOLCIM, PT. SEMEN PADANG (Aminul Ghifari, 2016)

EVALUASI DESAIN PELEDAKAN JENJANG UNTUK MENDAPATKAN FRAGMENTASI DAN BIAYA YANG OPTIMAL DENGAN TEKNIK DIGITAL IMAGE PROCESSING DAN KUZ-RAM MODEL (Titah Yaumil Rizki, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.