Search :

Advance


MINIMASI WASTE PADA LINI PRODUKSI KORAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN MANUFACTURING (STUDI KASUS : PT. ACEH MEDIA GRAFIKA, ACEH BESAR)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Qamariansyah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PT. Aceh Media Grafika merupakan perusahaan percetakan yang menghasilkan produk koran. Pada proses produksi di perusahaan masih ditemukan beberapa waste. Untuk meminimalisir waste yang terjadi digunakan pendekatan lean manufacturing dengan menggunakan tools dalam konsep lean yaitu Value Stream Mapping (VSM) yang bertujuan untuk menggambarkan aliran produk mulai dari masuknya bahan baku sampai produk jadi. Pengidentifikasi waste diawali dengan menggunakan metode Relationship Matrix (WRM) dan Waste Assessment Questioonaire (WAQ) untuk mengetahui persentase waste yang terjadi. Waste yang dipilih adalah waste dengan peringkat tiga terbesar. Selanjutnya dilakukan pemilihan detailed mapping tools menggunakan Value Stream Analysis Tools (VALSAT). Tools yang dipilih merupakan tools dengan peringkat terbesar. Rekomendasi perbaikan yang diberikan berdasarkan pada analisa waste dengan peringkat tiga terbesar, perhitungan takt time dan detail mapping tools yang terpilih. Hasil yang didapatkan adalah perlu dilakukan rekomendasi perbaikan yang diberikan adalah merancang checklist untuk setting awal mesin cetak koran dan cetak plat, menambah fasilitas kerja dan merancang penjadwalan maintenance serta Future state perbaikan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ENERAPAN KONSEP PERAMPINGAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI PENYEBAB TERJADINYA WASTE PADA PROSES PRODUKSI KOPI (STUDI KASUS : KOPERASI BAITUL QIRADH BABURRAYYAN ACEH TENGAH) (Nazila Rahmah Hasan, 2017)

PERANCANGAN LEAN PRODUCTIVITY (STUDI KASUS : PT. ACEH LAMPULO JAYA BAHARI) (Teuku Safril Nizam. T.m, 2017)

OPTIMASI PRODUKSI KORAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DENGAN PENDEKATAN MODEL STOCHASTIC (JUMIRNA, 2016)

ANALISIS BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PT ACEH MEDIA GRAFIKA TAHUN 2012-2016 (TASYA MEISHEILLA ADITYA, 2017)

IMPLEMENTASI LEAN MANUFACTURING SEBAGAI UPAYA MEMINIMALKAN WASTE PADA PROSES PRODUKSI PT. DENDENG ACEH GUNUNG SEULAWAH DENGAN MENGGUNAKAN WASTE ASSESMENT MODEL (WAM) DAN VALUE STREAM MAPPING TOOLS (VALSAT) (ANGGITA WIDYASTI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.