Search :

Advance


KOMBINASI OPTIMAL COFFEE ROASTING PADA BIJI KOPI ARABIKA DENGAN TINGKAT KEMATANGAN MEDIUM ROAST MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Faradilla - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Kualitas merupakan salah satu dari alasan utama konsumen untuk memilih suatu produk. Konsumen akan memilih produk yang sesuai dengan kualitas yang diharapkan dan sesuai dengan manfaat yang didapatkan. Hal ini yang menjadi dasar dilakukannya penelitian di CV. Arasco yang bergerak dibidang produksi bubuk kopi. Penelitian dilakukan dengan Metode Taguchi untuk menentukan kombinasi optimal dari parameter coffee roasting. Parameter yang diteliti adalah lamanya waktu roasting sebagai faktor A, volume biji untuk sekali proses roasting sebagai faktor B, dan suhu roasting sebagai faktor C. Eksperimen dilakukan dengan tiga level dan tiga nilai untuk masing-masing faktor. Pada eksperimen ini menggunakan orthogonal array L27(313) dengan dua kali replikasi. Hasil analisa diolah dengan menggunakan rata-rata dan variabilitas rasio S/N. Berdasarkan hasil dari eksperimen tersebut diperoleh bahwa faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas biji kopi pada proses roasting adalah faktor waktu roasting pada level 3 sebesar 150 menit, volume biji pada level 3 sebesar 120 kg, dan suhu roasting pada level 3 sebesar 200-205oC. Hasil dari eksperimen menunjukkan kombinasi yang optimal untuk mendapatkan roasted bean dengan tingkat kematangan medium roast pada biji kopi arabika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERMINTAAN KOPI ARABIKA ROASTING (SANGRAI) DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (Rauzatul Jannah, 2017)

KAJIAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BUBUK KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) BERDASARKAN KONDISI PENYANGRAIAN DAN PENYAJIAN (Razi Aneiza, 2017)

KAJIAN MUTU WINE COFFEE ARABIKA GAYO (Achmad Dairobbi, 2017)

ANALISIS KONDISI MUTU FISIK BIJI KOPI ARABIKA GAYO DALAM SEPULUH TAHUN TERAKHIR (Muhammad Syahril, 2016)

OPTIMASI PRODUKSI KOPI ROBUSTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS: PT. ULEE KARENG COFFEE, ACEH BESAR) (Teuku M Hadi Fs, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.