Search :

Advance


PENGARUH BENTONIT SEBAGAI FILLER TERHADAP PEMBUATAN MEMBRAN KOMPOSIT PVDF(POLIVINYLDENEFLOURIDE)-PMMA (POLIMETILMETAAKRILAT)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Erda Marniza - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pengaruh bentonit sebagai filler (pengisi) pada kinerja membran komposit PVDF (poli vinildeneflouride)–PMMA (poli metilmetakrilat) Erda Marniza Program Studi Pasca Sarjana Jurusan Magister Kimia Universitas Syiah Kuala Jln. Darussalam Banda Aceh, 23111 Pembimbing I: Dr. Marlina, M. Si, Pembimbing II : Dr. Eng. M. Nasir Pengaruh bentonit sebagai filler (pengisi) pada kinerja membran komposit PVDF– PMMA telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja membran komposit PVDF-PMMA dan aplikasi membran PVDF-PMMA-Bentonit pada limbah berminyak. Bentonit diperoleh dari Aceh Utara sedangkan membran PVDF-PMMA dibuat dengan metode inversi fasa. Penelitian ini menggunakan limbah cair berminyak yang dibuat dengan mencampur surfaktan tween 80 dengan konsentrasi 2 % dengan minyak jelantah dan bensin. Optimasi membran PVDF-PMMA-Bentonit dihitung dengan melihat kinerja dan karakterisasi membran, kinerja membran dihitung dengan uji fluks sedangkan karakterisasi membran dengan FTIR dan SEM -EDX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai fluks dengan penambahan bentonit lebi h besar dibandingkan tanpa bentonit. Nilai fluks yang bagus terdapat pada membran PVDF- PMMA-Bentonit (1:1:2) sebesar 0,072 L/m 2 .jam.bar. Hasil analisis karakterisasi FTIR menunjukkan bahwa bentonit dapat mengisi membran pada bilangan gelombang 1520 cm -1 dan 1660 cm -1 dan hasil SEM EDX menunjukkan bentuk pori yang teratur dan seragam. Kata kunci : Membran, bentonit, filler, FTIR, SEM-EDX, limbah berminyak

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIFITAS FOTOKATALITIK KOMPOSIT TIO2-BENTONIT PADA DEGRADASI ZAT WARNA NAPTHOL BLUE BLACK (Novi Fadila, 2017)

PENGARUH PEMOLESAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN RESIN KOMPOSIT MIKROHIBRID DAN NANOFILLER (Rika Mulya , 2016)

PREPARASI DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KHITOSAN BERIKATAN SILANG EPIKLOROHIDRIN/ CANGKANG TELUR UNTUK ADSORPSI ION CADMIUM (Nisfayati, 2017)

PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PABRIK PUPUK UREA DENGAN MENGGUNAKAN ADSORBEN BENTONIT DAN ZEOLIT (Rachmat Aulia, 2013)

PREPARASI, KARAKTERISASI DAN UJI AKTIVITAS FOTOKATALITIK BENTONIT ALAM TERPILAR TITANIA PADA DEGRADASI ZAT WARNA (Vicky Praja Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.