//

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE FIBER, SERAT KAWAT BENDRAT DAN SERAT KARET BAN BEKAS TERHADAP PERILAKU GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yarmiza Anggriyani F - Personal Name
SubjectREINFORCED CONCRETE - STRUCTURAL ENGINEERING
CONCRETE BLOCKS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE FIBER, SERAT KAWAT BENDRAT DAN SERAT KARET BAN BEKAS TERHADAP PERILAKU GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI Oleh: Yarmiza Anggriyani Fitri NIM : 1109200060013 Komisi Pembimbing : Dr. Ing. Teuku Budi Aulia, M. Ing Dr. Ir Taufiq Saidi, M.Eng ABSTRAK Pada dasarnya beton memiliki kuat tekan yang tinggi, tetapi memiliki kemampuan menahan gaya tarik dan gaya geser yang rendah. Hal ini dapat diperbaiki dengan menambahkan serat pada adukan beton. Penambahan serat untuk mengurangi sifat getas dan meningkatkan ketahanan retak awal (first crack) beton yang dapat ditempuh salah satunya dengan menambahkan polypropylene fiber, serat kawat bendrat, dan serat karet ban bekas dalam campuran beton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati perilaku geser balok beton bertulang mutu tinggi menggunakan polypropylene fiber, serat kawat bendrat, dan serat karet ban bekas. Faktor Air Semen (FAS) 0.25, polypropylene fiber dengan persentase 0,6 kg perm3 beton, serat kawat bendrat dengan persentase 2% dari volume beton, dan serat karet ban bekas dengan persentase 0,75% dari volume beton. Pada pengujian ini diuji 4 buah balok berukuran 15 x 30 x 220 cm, masing-masing jenis serat sebanyak satu benda uji didesain mengalami gagal geser. Hasil pengujian balok beton bertulang mutu tinggi (BMT) dengan beban maksimum 26,03 ton, dengan lendutan sebesar 12,370 mm, BMT polypropylene fiber beban maksimum 22 ton dengan lendutan sebesar 9,470 mm, BMT serat kawat bendrat beban maksimum sebesar 27,41 ton dengan nilai lendutan 12,820 mm dan BMT serat karet ban bekas dengan beban maksimum 20,96 ton dengan lendutan sebesar 9,740 mm. Untuk nilai kapasitas geser yang disumbangkan dari beton (Vc) balok beton bertulang mutu tinggi (BMT) tanpa penambahan serat sebesar Vc = 4,52 ton, BMT polypropylene fiber sebesar Vc = 4,36 ton, BMT serat kawat bendrat Vc = 4,55 ton, BMT serat karet ban bekas sebesar Vc = 4,35 ton. Sedangkan untuk nilai Vs konstan untuk semua balok yaitu sebesar 1,653 ton. Kata Kunci : Balok Beton Bertulang Mutu Tinggi, Serat Polypropylene, Serat Kawat Bendrat, Serat Karet Ban Bekas, Perilaku Geser, Pola Retak dan Daktilitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI YANG MENGGUNAKAN SEARAT KAWAT BENDRAT (Cut Fatmawati TA, 2014)

ANALISI PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI YANG MENGGUNAKAN SERAT KARET BAN BEKAS (NOVITA SYARI, 2014)

ANALISIS PERILAKU LENTUR BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI YANG MENGGUNAKAN SERAT KARET BAN BEKAS (Fakhrurrazi, 2013)

PERBEDAAN TOPOGRAFI FIBER REINFORCED COMPOSITE RESIN POLYETHYLENE DAN FIBER ALAMI AMPAS TEBU (Farhani, 2014)

PENGARUH VARIASI SUBTITUSI SERAT KARET PENGGANTI AGREGAT HALUS TERHADAP KUAT TARIK BELAH BETON (SUATU PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN FAS 0,6). (safwadi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy