Search :

Advance


ANALISIS PERILAKU GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI SETELAH RETAK YANG DIPERBAIKI DENGAN INJEKSI EPOXY

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Rizka E.P - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Beton sebagai bahan bangunan telah menjadi pilihan utama dalam setiap pekerjaan konstruksi bangunan. Umumnya retak akibat kerusakan pada komponen struktur diperbaiki dengan injeksi epoxy. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengamati perilaku geser pada balok beton bertulang mutu tinggi yang telah diperbaiki dengan sistem injeksi epoxy. Pada penelitian ini diuji 4 buah balok berukuran (15 x 30 x 220) cm untuk masing-masing variasi umur epoxy sebanyak satu benda uji balok yaitu berumur 7 hari (BBMTG E-7), 14 hari (BBMTG E-14), 28 hari (BBMTG E-28) dan satu benda uji balok yang diuji secara normal sebagai pembanding. Benda uji didisain untuk mengalami gagal geser. Tulangan yang digunakan adalah besi ulir diameter 18,9 mm sebanyak 4 buah sebagai tulangan tarik dan besi ulir diameter 15,8 mm sebanyak 2 buah sebagai tulangan tekan. Sedangkan untuk tulangan geser digunakan besi polos diameter 6 mm dengan jarak 300 mm. Kuat tekan Beton Mutu Tinggi Geser yang didapat sebesar 66,62 MPa dengan FAS 0,25. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua balok mengalami gagal geser sesuai yang direncanakan. Hasil penelitian meunjukkan umur perbaikan beton dengan sistem injeksi epoxy berpengaruh terhadap kapasitas geser beton mutu tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan beban maksimum yang dicapai BBMTG E-7 sebesar 20,81 T dan BBMTG E-14 sebesar 19,60 T tidak mencapai nilai beban maksimum BBMTG Normal sebesar 26,03 T, bahkan nilai beban maksimum BBMTG E-14 lebih rendah daripada nilai beban maksimum BBMTG E-7. Nilai beban maksimum BBMTG E-28 sebesar 25,52 T yang paling mendekati dengan nilai beban maksimum BBMTG Normal. Retak yang diperbaiki tidak terbuka kembali setelah pengujian ulang, sebaliknya muncul retak baru disekitar retak yang lama. Perbaikan beton mutu tinggi dengan menggunakan sistem injeksi epoxy menambah sifat kegetasan beton mutu tinggi. Hal ini disebabkan karena material epoxy resin memiliki kekuatan yang hampir sama dengan beton mutu tinggi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERILAKU LENTUR PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI SETELAH RETAK YANG DIPERBAIKI DENGAN INJEKSI EPOXY (Fiany Fajar Puspita, 2017)

ANALISIS PENGGUNAAN POLYPROPYLENE FIBER, SERAT KAWAT BENDRAT DAN SERAT KARET BAN BEKAS TERHADAP PERILAKU GESER PADA BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI (Yarmiza Anggriyani F, 2017)

ANALISIS PERILAKU GESER BALOK BETON RINGANRNBUSA BERTULANG DENGAN AGREGAT BONGKAHANRNCANGKANG SAWIT (HAYATI, 2014)

ANALISI PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI YANG MENGGUNAKAN SERAT KARET BAN BEKAS (NOVITA SYARI, 2014)

ANALISIS PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG MUTU TINGGI YANG MENGGUNAKAN SEARAT KAWAT BENDRAT (Cut Fatmawati TA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.