Search :

Advance


HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS PENDEK PADA ATLET UKM BULUTANGKIS UNSYIAH TAHUN 2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ihsanul Qalbi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Qalbi, Ihsanul. 2016. Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan dengan Kemampuan Servis Pendek pada Atlet UKM Bulutangkis Unsyiah Tahun 2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Abdurrahman, M. Kes (2) Bustamam, S.Pd., M.Kes Kata Kunci : kelentukan pergelangan tangan, servis pendek dan Bulutangkis Penelitian ini berjudul “Hubungan Kelentukan Pergelangan Tangan dengan Kemampuan Servis Pendek pada Atlet UKM Bulutangkis Unsyiah Tahun 2016. Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kondisi fisik merupakan salah satu yang mempengaruhi teknik dalam permainan bulutangkis. Unsur kelentukan pergelangan tangan sangat diperlukan dalam melakukan salah satu teknik servis pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelentukan pergelangan tangan dengan kemampuan servis pendek pada Atlet UKM Bulutangkis Unsyiah Tahun 2016. Jenis penelitian ini termasuk penelitian korelasi, yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Atlet UKM Bulutangkis Unsyiah Tahun 2016 yang berjumlah 38 orang. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang didapatkan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu mengukur kelentukan pergelangan tangan dan mengukur kemampuan servis pendek untuk mengukur kemampuan servis pendek. Data diolah dengan menggunakan statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata, SD, Korelasi, Determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan x ̅= 11,68, ȳ=77,95, SDx=0,85, SDy=6,25, rxy=0,79, Kp=62% dan pengujian hipotesis dengan uji T sebesar 5,49. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian variabel x mempengaruhi variabel y sebesar 62% dan 38% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa T-hitung= 5,49 > T-tabel= 1,734, berarti terdapat hubungan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelentukan pergelangan tangan memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan servis pendek pada Atlet UKM Bulutangkis Unsyiah Tahun 2016.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA PADA ATLET KLUB TENIS MEJA INDONESIA MUDA TAHUN 2013 (Putra Zulfahmi, 2014)

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENDRIBEL BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJAKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (jumali, 2016)

HUBUNGAN DAYA TAHAN JANTUNG PARU DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA ATLET UKM UNSYIAH TAHUN 2013 (ANJAR PRIWANTORO, 2014)

EVALUASI KELENTUKAN TUBUH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA ATLET PB TRANSIA TAHUN 2014/2015 (Soni Mulkami, 2015)

EVALUASI KEMAMPUAN SERVIS PENDEK BULU TANGKIS PADA SMP NEGERI 1 PEUDADA KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SAFARIAH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.