Search :

Advance


TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM KETERLAMBATAN PENYERAHAN BAGASI TERCATAT (SUATU PENELITIAN DI PT. LION AIRLINES CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murnita Farah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM KETERLAMBATAN PENYERAHAN BAGASI TERCATAT (Suatu Penelitian Di PT. Lion Airlines Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 55) pp,tabl,bibl (Kadriah S.H., M.Hum) Pasal 146 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan menyebutkan bahwa "pengangkut bertanggung jawab atas kerugian yang diderita karena keterlambatan pada angkutan penumpang, bagasi, atau kargo, kecuali apabila pengangkut dapat membuktikan bahwa keterlambatan tersebut disebabkan oleh faktor cuaca dan teknis operasional". Namun kenyataannya masih dijumpai kasus yang menyangkut keterlambatan penyerahan bagasi tercatat pada PT.Lion Airlines sehingga merugikan penumpang, disebabkan PT. Lion Airlines tidak memberikan sejumlah ganti kerugian, yang diatur dalam undang-undang. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya keterlambatan penyerahan bagasi tercatat milik penumpang, menjelaskan tanggung jawab pengangkut atas keterlambatan penyerahan bagasi tercatat milik penumpang dan untuk mengetahui cara penyelesaian yang ditempuh oleh PT. Lion Airlines terhadap keterlambatan penyerahan bagasi tercatat. Dalam penulisan skripsi ini telah dilakukan penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan penelaahan terhadap buku bacaan dan peraturan perundang-undangan yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti, sehingga menghasilkan data sekunder. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai responden dan informan. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama dari keterlambatan penyerahan bagasi tercatat disebabkan oleh kurangnya koordinasi antara pihak ground handling dengan maskapai penerbangan. Dalam hal tanggung jawab PT. Lion Airlines terhadap keterlambatan penyerahan bagasi tercatat kepada penumpang belum sepenuhnya dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang berlaku. Penyelesaian yang ditempuh oleh PT. Lion Airlines terhadap keterlambatan penyerahan bagasi tercatat yaitu dengan cara melakukan pengantaran bagasi tercatat penumpang ke alamat penumpang, tanpa memberikan ganti kerugian. Diharapkan kepada PT. Lion Airlines untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan etos kerja yang tinggi agar tidak terjadinya kelalaian pada pengangkut dan juga dalam membuat Standar Operasional Prosedur merujuk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Diharapkan juga adanya sanksi dan pengawasan langsung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan mengenai tanggung jawab yang diberikan oleh PT. Lion Airlines.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGUNG JAWAB PT. GARUDA INDONESIA TERHADAP BAGASI TERCATAT RN(SUATU PENELITIAN DI PT. GARUDA INDONESIA CABANG BANDA ACEH) (MUHAMMAD IQBAL, 2015)

PERHITUNGAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. ANGKASA PURA II KANTOR CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (Rizky Ananda Hendrico, 2015)

PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DIANTARA REKAN KERJA TERHADAP KINERJA TUGAS DENGAN EFIKASI DIRI DAN ABUSIVE SUPERVISION PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA (Siti Safura, 2017)

MEKANISME PEMOTONGAN PPH PASAL 23 ATAS PENDAPATAN JASA NON AERONAUTIKA PADA PT. ANGKASA PURA II CABANG BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA (TRIA FARAH AMZA, 2017)

PROSEDUR PENGHAPUSBUKUAN ASET TETAP PADA PT. ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDARA INTERNASIONAL KANTOR CABANG SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH (EZZADZ, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.