Search :

Advance


PENERAPAN SYARI’AT ISLAM DAN PENCITRAAN ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL DIKOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Era Nurlianti - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ERA NURLIANTI PENERAPAN SYARI’AT ISLAM DAN 2017 PENCITRAAN ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL DIKOTA BANDA ACEH Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Radhi Darmansyah, M.Sc) (ix,65, pp., bibl., app). Pencitraan politik yang dibangun lewat penegakan Syari’at Islam di Kota Banda Aceh telah berhasil menarik perhatian masyarakat Kota Banda Aceh terhadap seorang pemimpin oleh Illiza Sa’adudin Djamal yang fokus terhadap nilai-nilai agama. Penerapan syari’at Islam dijadikan sebagai pencitraan. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul, penerapan syari’at Islam dan pencitraan Illiza Sa’aduddin Djamal dikota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penegakan Syari’at Islam dikota Banda Aceh dengan politik pencitraan dan untuk mengetahui dampak Syari’at Islam terhadap dukungan politik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: (1) Hubungan penegakan syariat Islam dengan pencitraan yang dilakukan oleh Illiza Sa’aduddin Djamal, mendapat respon positif dari kalangan pemerintahan maupun kalangan masyarakat. Karena masyarakat menganggap bahwa beliau melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, akan tetapi ada sebagian masyarakat beranggapan itu hanya sebagai pencitraan beliau untuk mendapat dukungan. Adapun pencitraan melalui penerapan syari’at Islam tidak memiliki dampak karena pencitraan tersebut dianggap tidaj efisien sehingga masyarakat tidak mendukung Illza dalam pilkada 2017. (2) Penerapan syari’at Islam menjadi kebijakan yang dibuat oleh Illiza Sa’aduddin Djamal dan beliau konsisten dalam menjaga peraturan penerapan syari’at Islam sehingga menjadi bagian dari strategi politik untuk tetap menggunakan pada momentum pilkada tahun 2017 walaupun beliau tidak ada niat untuk menjadikan sebagai strategi politik tetapi efek dalam kepentingan politik itu sendiri ada. Akan tetapi ini akan menjadi dampak tren atau dilebelkan sebagai orang yang fokus sekaligus konsisten dengan isu syari’at Islam. Penerapan syari’at Islam bukan hanya sebagai politik, melainkan sebagai peraturan yang menjadi tanggung jawab Illiza Sa’aduddin Djamal dalam melaksanakannya. Bukan hanya sebagai tugas beliau melainkan juga menjadi tugas siapapun pemimpin daerah itu memang harus melekat erat dalam melaksanakan hukum setegak-tegaknya dikota Banda Aceh. Syari’at Islam bukan hanya peraturan yang dibuat oleh pemerintah saja tetapi syari’at Islam merupakan Al-qur’an dan Hadist sebagai pedomannya. Oleh karena itu setiap masyarakat baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah harus menjaga dengan baik syari’at Islam yang telah menjadi aturan dikota Banda Aceh. Kata Kunci : Syari’at Islam, Pencitraan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLITIK PENCITRAAN ILLIZA SA'ADUDDIN DJAMAL JELANG PEMILU 2014 (STUDI KASUS IMPLEMENTASI SYARIAT ISLAM DI KOTA BANDA ACEH) (Ade Raudhah, 2014)

PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP KEMENANGAN MAWARDI NURDIN DAN ILLIZA SA’ADUDDIN DJAMAL PADA PEMILUKADA WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDA ACEH TAHUN 2012 (ansirwan, 2014)

IMPLEMENTASI VISI MISI KAMPANYE POLITIK BUPATI DAN WAKIL BUPATI ACEH TIMUR PERIODE 2012-2017 (SUATU STUDI PADA PROSES PENERAPAN SYARI’AT ISLAM) (ZUMAIDA ISMUNA, 2016)

CULTURE SHOCK MAHASISWA PENDATANG TENTANG PENERAPAN SYARI’AT ISLAM DI KOTA BANDA ACEH (STUDI TERHADAP MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA ASAL SUMATERA UTARA) (Nebri R A Sarira, 2016)

PENGARUH KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PETUGAS WILAYATUL HISBAH TERHADAP PERIAKU REMAJADALAM PENERAPAN SYARI'AT ISLAM DI KOTA BANDA ACEH (Azhari Lubis, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.