Search :

Advance


OBJEKTIVITAS SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PEMBERITAAN KONFLIK SARA DI KABUPATEN ACEH SINGKIL (STUDI ANALISIS ISI IMPARSIALITAS PEMBERITAAN KONFLIK SARA ACEH SINGKIL EDISI 15 – 22 OKTOBER 2015)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rici Pratama Helmi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Objektivitas Surat Kabar Harian Serambi Indonesia Terhadap Pemberitaan Konflik SARA Di Kabupaten Aceh Singkil (Studi Analisis Isi Imparsialitas Pemberitaan Konflik SARA Aceh Singkil Edisi 15 -22 Oktober 2015)”. Objektivitas dalam pembuatan berita sangat diperlukan, Hal ini bertujuan untuk membuktikan profesionalisme wartawan dalam melayani publik. Objektif juga berarti seorang wartawan tidak berat sebelah dalam liputannya. Jika meliput dua perselisihan yang berbeda, prinsip cover both side harus dilakukan. Kabupaten Aceh Singkil tengah di landa konflik SARA berkepanjangan mulai dari tahun 1979 hingga 2015 adalah sebagai puncak pertikaian terkait pelanggaran aturan pendirian gereja yang belum mendapatkan izin resmi dari Pemerintah Kabupaten setempat. Pertikaian ini membuat warga mengamuk dan tidak mentolerir lagi sehingga berujung pada kerusuhan dengan membakar secara brutal tempat peribadatan bagi kaum nasrani yang bermukim disana. Konflik ini semakin krisis dan dramatis setelah media turut memberitakan ke ruang publik. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan analisis isi kuantitatif. Dari hasil analisis tersebut, diperoleh gambaran yang jelas mengenai permasalahan dalam pene litian. Keberpihakam media dalam kasus isi dilihat dari pemberitaan (berupa berita headline) media tersebut. Keberpihakan tersebut diukur berdasarkan indikator impartiality, yaitu uji netralitas dan keberimbangan pada 6 item berita. Wartawan Serambi Indonesia sudah bersikap netral dalam menyajikan berita. Namun untuk cover both side dan akses proporsional masih belum berimbang, yakni hanya melihat dari satu sisi, sedangkan pihak-pihak yang berlawanan terlibat langsung dalam konflik tersebut tidak terlalu di tonjolkan. kata kunci : Objektivitas, Serambi Indonesia, Isu Konflik SARA

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) (Muhammad Roestian Fahmi Nasution, 2016)

JURNALISME DAMAI DALAM MEWUJUDKAN KERUKUNAN UMMAT BERAGAMA (ANALISIS ISI BERITA PEMBAKARAN GEREJA DI ACEH SINGKIL DALAM HARIAN WASPADA) (Raihan Nusyur , 2016)

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

BENTUK PEMBERITAAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN KEPALA DAERAH ACEH DI HARIAN SERAMBI INDONESIA (Afrizal, 2014)

BENTUK PEMBERITAAN POLEMIK BENDERA ACEH ANTARA PEMERINTAH PUSAT DENGAN PEMERINTAH ACEH (STUDI KOMPARATIF TERHADAP PEMBERITAAN PADA HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH) (Mutiara Indaswari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.