Search :

Advance


KAJIAN NILAI OVERALL THERMAL TRANSFER VALUE (OTTV) TERHADAP MATERIAL SELUBUNG BANGUNAN DI GEDUNG INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bambang Wahyudi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

KAJIAN NILAI OVERALL THERMAL TRANSFER VALUE (OTTV) TERHADAP MATERIAL SELUBUNG BANGUNAN DI GEDUNG INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH Oleh : BAMBANG WAHYUDI NIM : 1109200060060 Pembimbing : 1. Dr. Abdul Munir,ST.MT 2. Dr. Ir.Moch. Afifuddin,M.Eng ABSTRAK Gedung Instalasi Gawat Darurat merupakan salah satu dari gedung yang ada di komplek Rumah Sakit Meuraxa Banda Aceh yang terdiri dari beberapa bangunan dengan lokasi di jalan Soekarno Hatta km 2 Kota Banda Aceh. Wilayah Banda Aceh yang beriklim tropis dengan suhu berkisar antara 25,5 ℃ hingga 32,5℃ berada di belahan bumi Utara menyebabkan matahari bersinar 12 jam setiap harinya sehingga berdampak pada tingginya konsumsi energi listrik dari penggunaan penghawaan buatan. Perkembangan kota yang berkesan modern dan futuristik merupakan fenomena arsitektur dengan bercirikan penggunaan kaca yang dominan pada selubung bangunan seperti halnya fasad IGD RS.Meuraxa. Dalam upaya konservasi energi pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional Indonesia yang dimuat dalam SNI 03-6389-2011 memberikan batasan nilai perpindahan termal menyeluruh pada dinding luar atau disebut dengan Overall Thermal Transfer Value (OTTV) maksimal 35 Watt/m2. Penelitian ini bertujuan menghasilkan acuan desain selubung dan mendapatkan faktor penyebab yang mempengaruhi besaran nilai OTTV dari hasil melakukan simulasi perhitungan terhadap semua variabelnya. Hasil perhitungan diperoleh total nilai OTTV 51,47 Watt/m2. Untuk menurunkan nilai dilakukan beberapa variasi simulasi modifikasi dengan menginput semua data nilai koefisien material yang dimungkinakan untuk diaplikasikan dalam desain. Simulasi terdiri dari modifikasi Uf (kaca ganda), Uw (Isolasi Dinding Luar), WWR (Rasio perbandingan kaca), α (warna cat), SC (alat peneduh dan spec.kaca). Hasil simulasi dimasukkan dalam tabel dan grafik trendline linear sehingga didapatkan nilai slope /kemiringan untuk dianalisis tingkat pengaruh/ signifikan terhadap nilai OTTV. Hasil penelitian diperoleh bahwa modifikasi SC(kaca dan effectif) yaitu pemasangan alat peneduh dan modifikasi spesifikasi kaca sangat mempengaruhi penurunan nilai OTTV dalam upaya konservasi energi dengan tetap mengedepankan konsep arsitektur tropis yang bertemakan tradisional Aceh. Kata Kunci : IGD RS. Meuraxa, SNI Konservasi Energi, Nilai OTTV

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN KEPERAWATAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Mai Bony Dollah, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT DI RUMAH SAKIT BANDA ACEH (Arie Adrian, 2014)

HUBUNGAN SUHU TUBUH DENGAN OUTCOME GCS PASIEN RN STROKE HEMORAGIK DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (RAHMAT ARDIANTO S HSB, 2015)

PERENCANAAN INSTALASI PENERANGAN PADA GEDUNG WORKSHOP LISTRIK BLKI BANDA ACEH (Wiko Setiawan Z, 2015)

PERBANDINGAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PERAWAT DI RUANG IGD DAN RUANG ICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Violita Aprilyana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.