//

MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PROGRAM REMEDIAL MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Juliyanti - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian terhadap pelaksanaan program remedial pada materi hidrolisis garam menggunakan e-learning untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa melalui pelaksanaan program remedial menggunakan e-learning. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa yang belum tuntas dalam mempelajari materi hidrolisis garam di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 9 Banda Aceh Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Jumlah siswa yang belum tuntas di kelas XI MIPA 1 dari 29 siswa adalah 24 orang, terdiri dari 14 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil penelitian diperoleh persentase aktivitas belajar siswa pada diskusi pertama sebesar 62,5%, diskusi kedua 75,0% dan pada diskusi ketiga 83,3%. Nilai rerata aktivitas siswa dari ketiga diskusi adalah 72,2% tergolong kategori baik. Ketuntasan belajar siswa meningkat setelah dilaksanakan program remedial melalui e-learning. Siswa yang tuntas sebelum dilaksanakan program remedial yaitu 5 siswa dari 29, setelah dilaksanakan program remedial melalui e-learning siswa yang tuntas menjadi 18 siswa dari 24, dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 75% dan tergolong dalam kategori baik. Data tanggapan siswa diperoleh rerata persentase tanggapan siswa terhadap pelaksanaan program remedial menggunakan e-learning sebesar 61,4%, termasuk kategori cukup. Kata Kunci: Remedial, E-learning, Ketuntasan belajar, Hidrolisis Garam

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM RNKELAS XI SMAN 2 BANDA ACEH (syarifah asyura, 2014)

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN SELF TUTORIAL BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI HIDROLISIS GARAM (Chairunnisak, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SMAN 1 INDRAPURI (Fitri Darmika, 2018)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN AJARAN 2013/2014 (Ulfiasari, 2014)

PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNINNG TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Darra Utari Ningsih, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy