Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marlina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Telah dilaksanakan penelitian tentang penerapan model pembelajaran index card match pada materi hukum-hukum dasar kimia di kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik, ketuntasan belajar peserta didik dan tanggapan peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Inshafuddin Banda Aceh dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPA 2 yang berjumlah 26 orang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, penelitian ini dilakukan selama 4 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil pengamatan lembar observasi peserta didik, nilai ketuntasan belajar dan lembar angket tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persentase rata-rata nilai aktivitas belajar peserta didik pada pertemuan I adalah sebesar 73,75% yang termasuk dalam kategori baik , pertemuan II adalah sebesar 80,00% dan pada pertemuan III adalah sebesar 81,25%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase ketuntasan belajar peserta didik diperoleh 88,5%, yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Persentase hasil tanggapan peserta didik adalah sebesar 80,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik terhadap penerapan model pembelajaran index card match. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik pada materi hukum-hukum dasar kimia telah tuntas secara klasikal melalui penerapan model pembelajaran index card match. Aktivitas belajar peserta didik meningkat melalui penerapan model pembelajaran index card match. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Ketuntasan Belajar, Index Card Match, Hukum-hukum Dasar Kimia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNYANG MENGGUNAKAN MODEL MAKE-A MATCH DAN INDEX CARD MATCH DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (SYARIFAH MAWADDAH MISWAR, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (mirna, 2013)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII-1 MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Agustina, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL RNPEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATERIRN STATISTIKA DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Leviani, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN KONVENSIONAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nurafifah Mutia Sari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.