//

TANGGUNG JAWAB KONSULTAN PENGAWAS DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI (SUATU PENELITIAN PADA PEMBANGUNAN ASRAMA IKATAN PELAJAR MAHASISWA BANDAR BARU DI BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arizal Sumadi Balqis - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ARIZAL SUMADI BALQIS : TANGGUNG JAWAB KONSULTAN PENGAWAS DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI (Suatu Penelitian pada Pembangunan Asrama Ikatan Pelajar Mahasiswa Bandar Baru di Banda Aceh) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v,60),pp.app. (Khairani, S.H., M.Hum) Berdasarkan Pasal 8 Perjanjian Pengawasan Keciptakaryaan Wilayah Aceh 3 (OA) antara Dinas Cipta Karya Aceh dan PT. Jaya Tata Bersama disebutkan bahwa PT. Jaya Tata Bersama berhak melakukan pengawasan terhadap pekerjaan konstruksi yang dilakukan oleh CV. Aceh Prima Mandiri dan dapat memberikan teguran secara langsung kepada pengguna jasa yang tidak melaksanakan pekerjaan sesuai prosedur yang telah disepakati atau kepada penyedia jasa yang hasil pekerjaannya tidak memenuhi standar hasil kinerja yang telah disepakati, akan tetapi dalam kenyataannya konsultan pengawas tidak bekerja sesuai perjanjian. Penulisan skiripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tanggung jawab konsultan pengawas dalam pelaksanaan kontrak kerja konstruksi. Faktor penyebab pengawasan tidak berjalan sesuai maksud dalam pelaksanaan pengawasan, dan akibat hukum yang timbul apabila pengawasan terhadap kontrak kerja konstruksi sebagaimana yang diperjanjikan dalam perjanjian. Untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis. Penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer dengan cara mewawancarai responden dan informan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tanggung jawab pengawasan tidak dilaksanakan sesuai prosedur yang ditetapkan. Faktor penyebab pengawasan tidak berjalan karena ketidakjelasan mekanisme pelaksanaan pengawasan yang ditetapkan dalam perjanjian dan jarak lokasi pekerjaan konstruksi yang cukup jauh sehingga pengawas tidak dapat melaksanakan pengawasan sesuai tanggung jawabnya. Akibat hukum yang timbul karena tidak dilaksanakannya pengawasan konstruksi adalah berupa teguran dan peringatan yang diberikan kepada konsultan pengawas oleh Dinas Cipta Karya. Disarankan kepada pengawas agar dalam pelaksanaan pekerjaan pengawasan sesuai dengan hak dan tanggung jawab pengawasan konstruksi, agar pekerjaan konstruksi terlaksana dengan baik sesuai dengan perencanaan. Kepada Dinas Cipta Karya Aceh dalam melaksanakan pemilihan langsung pelaksana jasa pengawas konstruksi harus dengan penilaian yang sesuai dengan kualifikasi dan spesifikasinya sehingga pengawasan dapat melaksanakan dengan baik. Disarankan kepada Dinas Cipta Karya Aceh agar diberikan sanksi lebih tegas kepada pengawas sehingga pengawasan pelaksanaan konstruksi lebih baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI ANTARA PT. BERKAH SALIM PERDANA DENGAN DINAS PENDIDIKAN ACEH (SUATU PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN ASRAMA SISWA MTSS TGK. CHIK, KABUPATEN PIDIE) (Rachmad Firdaus, 2018)

TANGGUNG JAWAB PENYEDIA JASA KONSTRUKSI TERHADAP KEGAGALAN BANGUNAN (SUATU PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN GUDANG PENGEPAKAN IKAN LAMPULO BANDA ACEH) (M Dhuhar Trinanda, 2016)

PELAKSANAAN KONTRAK KERJA KONSTRUKSI (SUATU PENELITIAN PADA PEKERJAAN PEMELIHARAAN JALAN OLEH DINAS BINA MARGA DENGAN CV. TANINDO PRATAMA DI DARUSSALAM BANDA ACEH) (zulkarnaini, 2014)

WANPRESTASI DAN UPAYA PENYELESAIANNYA DALAM PELAKSANAAN KONTRAK KONSTRUKSI MILIK PEMERINTAH (Anna Fahreni, 2013)

WANPRESTASI DALAM KONTRAK KERJA KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG VERTICAL DRYER JAGUNG ANTARA DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA PROVINSI ACEH DENGAN CV. HARKAT ANEUK NANGGROE (SUATU PENELITIAN DI COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA) (ZORA RIZ NADYA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy