Search :

Advance


ANALISIS KINERJA JALAN TGK. ABDULLAH UJONG RIMBA KAWASAN TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herry Setiawan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Taman Sari merupakan salah satu ruang terbuka di Kota Banda Aceh yang sering dijadikan sebagai lokasi pameran, festival budaya, maupun pagelaran seni. Kegiatan yang diselenggarakan di Taman Sari menarik antusias masyarakat untuk berkunjung, sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan pergerakan yang menimbulkan hambatan samping terhadap kinerja jalan di wilayah tersebut. Kendaraan parkir di badan jalan, aktivitas pejalan kaki dan kendaraan masuk keluar dari Taman Sari mengakibatkan penyempitan ruas jalan dan penurunan kecepatan kendaraan. Hal tersebut mengakibatkan masalah yang mengganggu kenyamanan berkendara bagi pengguna jalan yang melewati kawasan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja pada Jalan Tgk. Abdullah Ujung Rimba. Jalan ini merupakan jalan kolektor sekunder yang terletak di sebelah barat Taman Sari dengan tipe jalan dua lajur satu arah (2/1) dan memiliki panjang ± 503 m. Data primer yang dikumpulkan terdiri dari geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh, dan hambatan samping. Data sekunder berupa peta Kota Banda Aceh, sketsa lokasi penelitian dan jumlah penduduk Kota Banda Aceh diperoleh dari instansi terkait. Data dicatat dengan interval 15 menit di lapangan dimulai pukul 15.00 sampai pukul 22.00 WIB. Metode yang digunakan untuk menganalisis kinerja ruas jalan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Hasil dari pengolahan data diperoleh volume tertinggi hari normal pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2017 sebesar 1272 smp/jam, hambatan samping dengan 465,3 kej/jam, kecepatan arus bebas 50 km/jam, kapasitas jalan sebesar 1396 smp/jam, rasio volume kapasitas 0,91, dan kecepatan aktual sebesar 24 km/jam. Sedangkan pada saat berlangsung kegiatan pada tanggal 13 Mei 2017 diperoleh volume tertinggi sebesar 1590 smp/jam, hambatan samping dengan 910,2 kej/jam, kecepatan arus bebas 43 km/jam, kapasitas jalan sebesar 1218 smp/jam, rasio volume kapasitas 1,31, dan kecepatan aktual sebesar 8 km/jam. Hal ini terjadi karena adanya aktivitas di Taman Sari Kota Banda Aceh. Peningkatan aktivitas yang terjadi meningkatkan tarikan pergerakan di kawasan ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PEMANFAATAN TAMAN KOTA STUDI KASUS: TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Hervia Yudistira, 2015)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA LAMPASEH ACEH, DESA PUNGE UJONG DAN DESA PUNGE JURONG, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Riky Rivinaldi, 2016)

ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA TAMAN KOTA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS TAMAN SARI) (HUSNUL MAHFUZD, 2015)

TINJAUAN KINERJA JALAN TEUKU UMAR, SEUTUI BANDA ACEH BERDASARKAN VARIASI WAKTU DAN SEGMEN JALAN (MUSTAFA KAMAL, 2014)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.