Search :

Advance


PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP JIGSAW PADA MATERI PEMANFAATAN TEKSTIL UNTUK BENDA KERAJINAN DI SMP NEGERI 16 TAKENGON

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ruchayanti Listiana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ruchayanti, Listiana. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Group Jigsaw Pada Materi Pemanfaatan Tekstil untuk Benda Kerajinan di SMP Negeri 16 Takengon. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd (2) Dra. Fitriana, M.Si., Kata kunci: peningkatan prestasi belajar, model group jigsaw Berkembangnya teknologi saat ini membuat guru semakin banyak cara dalam mewujudkan kemauan dan menciptakan kesuksesan belajar. Salah satunya dengan cara penerapan model pembelajaran tipe group jigsaw dalam pembelajaran sehingga membuat siswa tertarik, dan terhindar dari kebosanan dalam mengikuti pembelaj aran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran group jigsaw. Pada dasarnya desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang datanya diolah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini bersumber dari guru Pelajaran Keterampilan dan 24 orang siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 16 Takengon. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kepada siswa, dan lembar observasi aktivitas siswa. Pengolahan data d ilakukan dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa memperoleh nilai rata-rata 94,16 (100% tuntas) pada tes postes, dan memperoleh nilai rata-rata 82,70 (100% tuntas) pada tes praktikum, hasil ini sudah mencapai target yang dikehendaki yaitu sebanyak 75% siswa yang tuntas. Secara keseluruhan aktivitas siswa pada siklus I sudah dikategorikan “baik” meskipun belum maksimal dan masih terdapat beberapa kegiatan yang dikategorikan “cukup”. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran group jigsaw dapat menyederhanakan kesulitan yang disampaikan kepada siswa supaya lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. Mengingat penggunaan model pembelajaran group jigsaw pada materi pemanfaatan tekstil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, sebaiknya disarankan kepada guru keterampilan untuk menggunakan model pembelajaran group jigsaw pada materi lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 71 BANDA ACEH (Nur Masyithah, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN BENDA KELAS VI SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Zahraton Nida, 2015)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR JIGSAW PADA MATERI JAHIT DAN SULAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMP NEGERI 1 BIREUEN) (Kamaliah, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR JIGSAW PADA MATERI JAHIT DAN SULAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SMP NEGERI 1 BIREUEN) (Kamaliah, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.