//

EVALUASI STATUS HARA DAN REKOMENDASI PEMUPUKAN SPESIFIK LOKASI UNTUK PADI SAWAH DI KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KHAIRUNNISA M - Personal Name
SubjectSOIL FERTILITY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Kesuburan tanah merupakan suatu kemampuan tanah untuk dapat menyediakan unsur hara dalam tanah dalam jumlah yang cukup dan dalam bentuk yang tersedia serta seimbang agar dapat memberikan pertumbuhan dan produksi tanaman yang optimum. Namun, kesuburan tanah tidak hanya berkaitan dengan jenis unsur hara akan tetapi juga jumlah unsur hara yang terkandung di dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tanah sawah dan kandungan hara yang tersedia dalam tanah sehingga dapat menentukan rekomendasi pemupukan untuk budidaya padi di Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi berdasarkan pengamatan lapangan dan analisis laboratorium. Faktor dalam penelitian ini adalah pembukaan profl tanah pada dua Gampong yaitu Seukee dan Labui serta pengambilan sampel sebaran di delapan Gampong yang mewakili Kecamatan Pidie yaitu Seukee, Karieng, Cot Geuleumpang, Dayah Jeuleupe, Ketumbu, Gampong Barat, Labui dan Tijue. Hasil penelitian ini karakteristik tanah sawah di Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie sangat beragam berdasarkan analisis unsur hara yang terdapat dalam tanah mulai dari yang sangat rendah sampai sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis tanah untuk N-total tergolong rendah sampai sedang yaitu berkisar -1 sampai 0,165 mg/kg . Hal ini juga dapat menjadi permasalahan untuk tanaman. Berdasarkan hasil dari penelitian ini yang menjadi kendala di areal persawahan Kecamatan Pidie adalah kekurangan unsur N, P dan Fe. Sedangkan untuk pemupukan K tidak perlu dilakukan karena kandungan K dalam tanah sangat tinggi. Hal ini perlu dikaji lebih lanjut untuk dosis dengan pengamatan langsung di lapangan. -1 -1

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PRODUKSI DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH YANG MENGGUNAKAN PUPUK HAYATI CAIR DI DESA BLANG CUT KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (syukran, 2017)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

PENGARUH VARIABEL-VARIABEL PENYULUHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATENPIDIE JAYA (YUNIS, 2016)

ANALISIS PENYIMPANGAN SAWAH IRIGASI, PRODUKTIVITAS DAN KEBUTUHAN PUPUK N, P, K PADA PADI SAWAH IRIGASI DI KABUPATEN BIREUEN (Firman, 2017)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI BERDASARKAN STATUS PENGUASAAN LAHAN SAWAH IRIGASI DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (CUT IDATUL FITRIAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy