Search :

Advance


PERENCANAAN JALUR SEPEDA SEBAGAI TRANSPORTASI LANJUTAN ANGKUTAN MASSAL PADA KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dendy Mahawaditra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Sistem transportasi dan infrastruktur yang terpadu merupakan bagian penting dalam peran untuk memenuhi kebutuhan pergerakan manusia. Salah satu unsur yang perlu diperhatikan dalam proses rekayasa lalu lintas adalah ketersediaan jalur sepeda sebagaimana tertera dalam undang-undang No. 22 tahun 2009. Universitas Syiah Kuala sedang mewujudkan program Green Campus. Salah satu langkah penerapan Green Transportation sendiri adalah mengedepankan kendaraan non-motorised seperti jalur sepeda beserta fasilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jalur sepeda pada jaringan jalan Kampus Universitas Syiah Kuala dan stasiun penyimpanan sepeda kemudian menilai persepsi mahasiswa tentang konsep Green Campus dan ketersediaan jalur sepeda dengan menggunakan metode simple random sampling. Penyebaran dilakukan kepada 200 mahasiswa unsyiah yang sebelumnya instrumen dari kuesioner telah dilakukan pilot survey kepada 30 calon responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan dengan alat bantu meteran untuk mengetahui ukuran dimensi jalan dan penyebaran kuisioner dilakukan pada seluruh fakultas Universitas Syiah Kuala. Hasil penelitian yang diperoleh merupakan perencanaan jalur sepeda tipe III pada jaringan jalan Kampus Unsyiah yang menggunakan badan jalan sebagai jalur sepedanya beserta penempatan titik pool/stasiun sepeda yang dapat mengakomodir transportasi dalam bersepeda, adapun persepsi mahasiswa dalam perencanaan jalur sepeda menunjukan 81,5% menunjukan kenyamanan apabila dibangun jalur sepeda tipe III pada jaringan jalan Kampus Unsyiah. Sebanyak 80,5% memilih alternatif bersepeda menjadi salah satu moda transportasi dan 61,5% responden bersedia untuk bersepeda dari halte ke tempat tujuan mereka sebagai pelayanan lanjutan angkutan massal Kampus Universitas Syiah Kuala. Kata Kunci : Green Campus, Jalur sepeda, non-motorised, perencanaan jalur sepeda

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN JALUR SEPEDA SEBAGAI TRANSPORTASI LANJUTAN ANGKUTAN MASSAL PADA KAWASAN KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Dendy Mahawaditra, 2017)

ANALISIS PEMILIHAN MODA MENUJU TERMINAL BATOH KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (jelita yanti, 2013)

KAJIAN PERENCANAAN JALUR PEDESTRIAN DI KAWASAN KAMPUS DARUSSALAM (Rahmad Fadli, 2017)

ANALISIS PEMILIHAN MODA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN METODE LOGIT BINOMIAL (Teuku Mustaqim Wahas, 2014)

ANALISIS PEMILIHAN MODA AKIBAT KEBIJAKAN PENGOPERASIAN BUS TRANS KOETARADJA DI BANDA ACEH (Nurul Rahmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.