Search :

Advance


HUBUNGAN REINFORCEMENT YANG DIBERIKAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ragil Tri Julianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Anak usia sekolah merupakan masa dimana terjadi berbagai perubahan progresif, terutama dalam proses belajar. Hal ini harus diperhatikan oleh orangtua. Orangtua merupakan pihak yang dapat membantu anak pada periode ini, diantaranya dengan menerapkan reinforcement yang baik sehingga anak dapat menghasilkan prestasi belajar sesuai dengan harapan. Kurangnya pemberian penghargaan akan berdampak buruk untuk hasil prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan desain penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 483 Ibu yang memiliki anak usia sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 Ibu yang memiliki anak usia sekolah. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 25-30 Mei 2017 dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Berdasarkan hasil penelitian untuk subvariabel reward pada kategori tinggi yakni 80 Ibu (87,9%), punishment pada kategori rendah yakni 86 Ibu (94,5%), dan untuk variabel reinforcement pada kategori tinggi yakni 71 responden (78,0%) dan variabel prestasi belajar pada kategori baik 51 anak (56,0%). Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai p-value untuk subvariabel reward (0,020) < α (0,05) dan punishment (1,000) < α (0,05), untuk variabel reinforcement (0,033) < α (0,05), sehingga H0 diterima untuk subvariabel punishment berarti tidak ada hubungan dan H0 ditolak untuk subvariabel reward dan reinforcement berarti ada hubungan antara reward dan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Disarankan kepada orangtua untuk dapat menerapkan reinforcement sehingga anak akan merasa diperhatikan dan dihargai yang tentunya hal ini akan berdampak pada prestasi belajar. Kata Kunci : Reinforcement, Prestasi Belajar, Anak Usia Sekolah Sumber Bacaan: 17 buku + 14 jurnal online + 2 skripsi + 3 sumber online (2001-2017)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KENAKALAN REMAJA DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Azziyarni Uchra, 2016)

HUBUNGAN REINFORCEMENT ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN ANAK USIA SEKOLAH DI DESA BAET KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (ITA SAFARELA, 2014)

HUBUNGAN REINFORCEMENT ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DI DESA BAET KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2013 (mentari khairani, 2013)

DAMPAK KONFLIK ORANGTUA-ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 LHOKSUKON ACEH UTARA (Rizal Fuzari, 2017)

KAJIAN PERKEMBANGAN KAWASAN PINGGIRAN KOTA (URBAN FRINGE) BANDA ACEH(STUDI KASUS : KECAMATAN BANDA RAYA, LUENG BATA DAN ULEE KARENG) (Maya Sari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.