Search :

Advance


PENERAPAN PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA (PERFORMANCE-BASED BUDGETING) PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH SELATAN)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitria Sastri - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana mekanisme dan prosedur penyusunan anggaran berbasis kinerja serta menggambarkan bagaimana anggaran berbasis kinerja tersebut digunakan dalam evaluasi dan monitoring pelaksanaan program pemerintah daerah. Selain itu, penelitian juga akan mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kendala dalam penerapan penganggaran berbasis kinerja dengan mengambil studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme dan prosedur penyusunan anggaran berbasis kinerja pada Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan, namun dalam praktiknya terdapat berbagai kelemahan. Ditinjau dari perspektif teori institusional menunjukkan isomorfisma koersif dimana penerapan hanya sebatas untuk memenuhi persyaratan peraturan, demi mendapatkan alokasi anggaran tanpa adanya perhatian besar terhadap efektivitas program dan kegiatan. Pelaksanaan evaluasi dan menitoring dengan anggaran berbasis kinerja dilaksanakan dengan menggunakan indikator kinerja, namun indikator kinerja yang disusun belum termasuk kriteria indikator kinerja yang baik maka sulit untuk digunakan sebagai ukuran dalam evaluasi program dan kegiatan. Hasil penelitian juga mendapatkan bahwa terdapat lima faktor yang menjadi kendala dalam penerapan penganggaran berbasis kinerja pada pemerintah Kabupaten Aceh Selatan. Kata kunci: Penganggaran Berbasis Kinerja, Indikator Kinerja, Evaluasi dan Monitoring.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN PENYUSUN ANGGARAN TERHADAP PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN ACEH BARAT) (ARIYANI, 2017)

PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH) (Rahmah Maulana, 2017)

PENGARUH PENGANGGARAN, PENATAUSAHAAN, DAN KUALITAS PELAPORAN TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PEMODERASI (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA PEMERINTAH KOTA SABANG) (DIANA FITRI, 2016)

PROBLEMATIKA PENERAPAN AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL PADA PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMDA ACEH TENGAH) ( Yanni Syarienda, 2017)

IMPLEMENTASI PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA PADA PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BARAT (STUDI KASUS PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ACEH BARAT) (JUNIZAR LASMI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.