//

PEMBUATAN PUPUK UREA SLOW RELEASE DENGAN MENGGUNAKAN MATRIK ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRACILEANSIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haris Munandar - Personal Name
SubjectSULFUR - ORGANIC CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kata kunci: pellet pupuk urea slow release, abu sekam padi, getah karet Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan pupuk urea slow release dengan menggunakan matrik abu sekam padi dengan perekat getah karet (Havea bracileansis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan pupuk urea slow release yang direkatkan dengan lateks dari getah karet dan mengetahui pengaruh penyalutan kitosan terhadap ketahanan pupuk serta mengetahui laju pelepasan nutrisi pupuk (urea) dalam air. Lateks cair diambil dari perkebunan karet di Kecamatan Geureudong Pasee Kabupaten Aceh Utara. Penambahan 20 mL amonia 2,5% ke dalam 2 L lateks kebun mampu menjaga kestabilkan lateks. Matrik pupuk dibuat dengan mencampurkan 60 mL lateks ke dalam 60 gram abu sekam padi dan menyisipkan urea sebanyak 1 spatula atau setara dengan 0,633 gram. Campuran dimasukkan ke dalam cetakan pellet dan ditekan dengan press hydrolic pada tekanan 100 Nm2. Pengujian dilakukan meliputi uji masa penyimpanan, uji kekuatan dan uji kelarutan nutrisi pupuk (urea) dalam air. Analisis konsentrasi urea yang terlepas ke dalam air dilakukan dengan menggunakan alat Spektrofotometer UV-Vis 2000 pada panjang gelombang maksimum 420 nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk urea slow release yang dibuat dengan perekat getah karet (Havea bracileansis) memiliki daya tahan yang baik terhadap air, penggunaan kitosan sebagai penyalut (pembungkus) pupuk mampu melindungi pupuk dari tumbuhnya mikroba (jamur) yang dapat menurunkan kualitas pupuk, dan konsentrasi urea yang lepas dari dalam pupuk menunjukkan adanya kestabilan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pellet pupuk urea yang dibuat dengan perekat getah karet dan disalut kitosan dapat dikategorikan sebagai pupuk lepas-terkendali (controlled release fertilizer).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE MENGANDUNG ION MAGNESIUM MENGGUNAKAN MATRIKS ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRASILIENSIS) (Rosi Hasriyanti, 2018)

PEMBUATAN KOMPOSIT PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE ABU SEKAM PADI-LATEKS TERSALUT KITOSAN (Rauzaton Wardani, 2018)

PEMBUATAN PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE DARI KOMPOSIT ABU SEKAM PADI-LATEKS-KITOSAN DAN UJI EFEKTIVITAS PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (Fera Muzdalifah, 2018)

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE (MG(NO3)2.6H2O DENGAN MATRIKS ABU SEKAM PADI + SAGU + KITOSAN) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN SELEDRI (APIUM GRAVEOLENS) (Syahlidayani, 2017)

PEMBUATAN PUPUK NPK SLOW RELEASE DENGAN MENGGUNAKAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI, SAGU DAN KHITOSAN (DIUJI EFEKTIVITAS DAN EFISIENSINYA PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG (ZEA MAYS L.) (Rizki Zakia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy