Search :

Advance


ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KARAKTRISTIK ALIRAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN BLANG BINTANG LAMA DAN JALAN TEUNGKU HASAN DIBAKOI)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INTAN WERNANDA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK ALIRAN LALU LINTAS (StudiKasus: JalanBlangBintang Lama danJalanTeungkuHasanDibakoi) Oleh : IntanWirnanda NIM. 1409200060034 KomisiPembimbing : 1. Dr. RenniAnggraini, ST, M.Eng 2. Dr. Ir. M. Isya, MT ABSTRAK Kerusakan jalan yang terjadi dibeberapa ruas jalan menimbulkan kerugian yang sangat besarterutamabagipenggunajalansepertiwaktutempuh yang lama, kemacetan, kecelakaan,dan lain-lain. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi penurunan kualitas jalan akibat kerusakan permukaan jalan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenentukantingkatdanjeniskerusakanjalandenganmenggunakanmetode PCI (Pavement Condition Index), mengetahuipengaruhkerusakanjalanterhadapaliranlalulintas, danpengaruh volume lalulintasterhadapaliranlalulintas.PenelitianinimengambillokasipadaruasJalanBlangBintang Lama danruasJalanTeungkuHasanDibakoi yang masing-masingjalanterbagiatas 7 segmen yang ditinjaumenuruttingkatkerusakannya.Pengumpulan data primer dilakukandengan surveyaktuallapanganyaituberupa data geometrikjalan, luaskerusakanjalan, volume lalulintas, dankecepatankendaraan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakerusakansangatberpengaruhterhadapaliranlalulintasseperti yang terlihatpadaruasjalanBlangBintang Lama padasegmen V dengannilai PCI 10 kondisijalangagal (failed) dengankecepatankendaraanmencapai 5,37 Km/Jam, sedangkanpadasegmen VII nilai PCI sebesar 87 dengankondisijalansempurna (excellent) kecepatankendaraanmencapai 58,34 Km/Jam, sehinggadidapatpersamaandenganmetodeanalisisregresiY= (3,571)(0,032) ͯ, sedangkanuntukpengaruh volume lalulintasterhadapaliranlalulintasdidapatpersamaanY = 418,354 + 1,128X – 0,002X² + 2,219X³. PadaruasJalanTeungkuHasanDibakoiterlihatpadasegmen III nilai PCI 4 kondisijalangagal (failed) dengankecepatanmencapai 4,95 Km/Jam, sedangkanpadasegmen VII nilai PCI sebesar 88 dengankondisijalansempurna (excellent) kecepatankendaraanmencapai 68,64 Km/Jam, sehinggadidapatpersamaandenganmetodeanalisisregresi Y= (3,822)(0,035) ͯ, sedangkanuntukpengaruh volume lalulintasterhadapkecepatankendaraandidapatpersamaanY = 93,615 + 447,592X + 1,621X². Hal inimenunjukkanbahwasemakintinggitingkatkerusakanjalanmakasemakinrendahkecepatankendaraan, sebaliknyasemakinrendahtingkatkerusakanmakasemakintinggikecepatankendaraan.Sedangkanuntuk volume lalulintastidakadapengaruh yang signifikanantaravolume lalulintasterhadapkecepatankendaraanpadakeduaruasjalantersebut. Kata Kunci :KerusakanJalan, pavement condition index (PCI), Volume lalulintas, kecepatankendaraan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KERUSAKAN JALAN TENGKU HASAN DIBAKOI RNSEBAGAI PENENTUAN PENANGANANRNPERBAIKAN JALAN (Ari Safutra, 2015)

ANALISIS PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KARAKTRISTIK ALIRAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN BLANG BINTANG LAMA DAN JALAN TEUNGKU HASAN DIBAKOI) (INTAN WERNANDA, 2017)

STUDI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN DAN AUDIT KESELAMATAN JALAN PADA SEGMEN RAWAN KECELAKAAN DI KOTA BANDA ACEH DAN ACEH BESAR (Fadli, 2016)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (Almira Hilal, 2017)

ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN LINTAS BAWAH(UNDERPASS) SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH (CUT SABRINA UTAMI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.