Search :

Advance


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI TEKNIK PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 16 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZIAUL HASANAH - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hasanah, Ziaul.2017. Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Teknik Permainan Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas II SD Negeri 16 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Husin Affan, M.Pd., (2) Drs. Adnan, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan, membaca, kartu kata bergambar Membaca adalah jendela ilmu. Membaca adalah langkah awal untuk dapat menguasai ilmu pengetahuan. Membaca membuat kita akan mengerti, memahami dan dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan yang baik dan benar. Untuk itulah pembelajaran membaca harus sudah di perkenalkan sejak usia dini. Sejak masuk jenjang sekolah dasar, anak harus sudah menguasai kemampuan membaca lancar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui permainan kartu kata bergambar di kelas II SD Negeri 16 Banda Aceh tahun pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas II SD Negeri 16 Banda Aceh yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dan hasilnya sebagai bahan kajian untuk refleksi serta sebagai pedoman untuk melaksanakan langkah-langkah tindakan selanjutnya agar penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hasil yang dicapai dari penerapan metode yang telah diterapkan hasilnya cukup signifikan. Hal ini dapat terlihat pada data kemampuan guru siklus I berada pada katagori cukup baik (60%), pada siklus II berada pada katagori baik (72%) dan meningkat menjadi katagori baik juga (80 %) pada siklus III. Pada data aktivitas siswa yang aktif pada siklus I termasuk katagori cukup (64%), pada siklus II katagori baik (74 %) dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi katagori baik juga (80 %). Pada tes kemampuan membaca siswa memperoleh hasil pada siklus I terdapat 27 siswa (81,81% ) dan 6 siswa (18,18%) yang tidak tuntas. Hasil tes pada siklus II terdapat 30 siswa (90,90%) dan 3 siswa (9,09%) yang tidak tuntas. Hasil pada siklus III terdapat 31 siswa (93,93%) dan 2 (6,06%). Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa kemampuan membaca siswa dapat meningkat melalui permainan kartu kata bergambar di kelas II SD Negeri 16 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF MELALUI APE BKARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BUNGONG SEULANGA LAMTEUBA DRO KABUPATEN ACEH BESAR (Zaiyannal Isma, 2016)

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Nurul fuaida, 2015)

KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (AIZA FITRIA, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMPN 2 KUTA BARO MENEMUKAN TOPIK UTAMA DARI BERITA YANG BERTOPIK SAMA MELALUI MEMBACA EKSTENSIF (rini hapsari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.