Search :

Advance


TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA TERHADAP PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN MILIK MASYARAKAT (SUATU PENELITIAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN FLY OVER DI SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH) TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA TERHADAP PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN MILIK MASYARAKAT (SUATU PENELITIAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN FLY OVER DI SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH) TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA TERHADAP PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN MILIK MASYARAKAT (SUATU PENELITIAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN FLY OVER DI SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH) TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA TERHADAP PENYELESAIAN GANTI KERUGIAN PEMBEBASAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN MILIK MASYARAKAT (SUATU PENELITIAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN FLY OVER DI SIMPANG SURABAYA, BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NADYA MIRANTI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Berdasarkan Pasal 18 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria menyebutkan untuk kepentingan umum, termasuk kepentingan bangsa dan Negara serta kepentingan bersama dari rakyat, hak-hak atas tanah dapat dicabut dengan memberi ganti kerugian yang layak dan menurut cara yang diatur dengan Undang-undang. Namun pada proyek pembangunan fly over di Simpang Surabaya tersendat akibat permasalahan pembebasan lahan dan pembayaran ganti kerugian. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan tanggung jawab Pemerintah Kota terhadap penyelesaian ganti kerugian pembebasan hak atas tanah dan bangunan milik masyarakat, hambatan dalam proses pembayaran ganti kerugian, serta upaya hukum yang ditempuh para pihak untuk menyelesaikan permasalahan pembayaran ganti kerugian. Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data yang bersifa tteoritis ilmiah. Penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara secara langsung dengan responden dan informan. Berdasarkan hasil penelitian, dijelaskan bahwa Pemerintah Kota telah memberi ganti kerugian kepada masyarakat dalam bentuk uang. Harga tanah dibayar Rp.3.000.000.,-/m², sementara harga bangunan dan tanaman dibayar sesuai dengan tipenya masing-masing. Hambatan yang dihadapi Pemerintah Kota adalah terbatasnya APBK serta beberapa masyarakat yang meminta pembayaran ganti rugi dengan harga lebih tinggi. Adapun upaya dalam menyelesaikan permasalahan pembayaran ganti kerugian adalah musyawarah kepada masyarakat sebagai upaya awal, sebelum sampai kepada tahap Konsinyasi di Pengadilan Negeri bagi masyarakat yang tidak bersedia menerima pembayaran ganti rugi. Dari beberapa masyarakat yang mengikuti proses Konsinyasi, hanya keluarga dr. Andalas yang menerima pembayaran ganti rugi tersebut, sementara beberapa lainnya tetap tidak menerima pembayaran ganti rugi melalui proses Konsinyasi. Disarankan kepada Pemerintah Kotauntuk lebih persuasif dalam menyelesaikan persoalan ganti rugi. Disarankan kepada masyarakat agar menerima hasil musyawarah yang telah disepakati terhadap besarnya harga ganti rugi pembebasan tanah dan bangunan untuk pembangunan fly over tersebut.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KOTA BANDA ACEH) (Maulina Wati, 2017)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK GEDUNG BPP KECAMATAN KOTARNBANDA ACEH (HAFLIZAR, 2015)

TANGGUNG JAWAB PENYEDIA JASA KONSTRUKSI TERHADAP KEGAGALAN BANGUNAN (SUATU PENELITIAN DI PROYEK PEMBANGUNAN GUDANG PENGEPAKAN IKAN LAMPULO BANDA ACEH) (M Dhuhar Trinanda, 2016)

TANGGUNG JAWAB ORANG TUA TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR ( SUATU PENELITIAN DI KOTA SUBULUSSALAM) (MAYANG SARI, 2016)

TANGGUNG JAWAB PT. GARUDA INDONESIA TERHADAP BAGASI TERCATAT RN(SUATU PENELITIAN DI PT. GARUDA INDONESIA CABANG BANDA ACEH) (MUHAMMAD IQBAL, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.