Search :

Advance


PERILAKU BALOK PROFIL KANAL (C) KONSFIGURASI (I) FERROFOAM CONCRETE AKIBAT BEBAN LENTUR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farid Saputra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PERILAKU BALOK PROFIL KANAL (C) KONSFIGURASI (I) FERROFOAM CONCRETE AKIBAT BEBAN LENTUR Oleh : Farid Saputra NIM : 1109200060005 Komisi Pembimbing : Dr. Ir. Mochammad Afifuddin, M. Eng Dr. Ir. Abdullah, M. Sc ABSTRAK Umumnya konstruksi gelagar jembatan terbuat dari kayu, baja, dan beton. Akan tetapi penggunaan material-material tersebut memiliki kekurangan masingmasing. Berdasarkan permasalahan tersebut, muncul ide untuk memodifikasi beton busa dengan penambahan pozzolan alami dengan material ferrocement sebagai alternatif lain material konstruksi gelagar jembatan. Tujuan dari penelitian untuk mendapatkan informasi tentang perilaku dari balok profil kanal ferrofoam concrete yang dikonfigurasi I akibat beban lentur. Perilaku yang akan ditinjau pada penelitian ini berupa kapasitas balok dalam menerima beban, lendutan yang terjadi serta pola retak yang dihasilkan dan jenis keruntuhannya. Benda uji yang dibuat adalah profil berbentuk kanal C yang dikonfigurasi menjadi I dengan variasi tinggi masing-masing 150 mm, 200 mm, dan 300 mm, lebar 100 mm, dan ketebalan 30 mm. Penulangan benda uji menggunakan D8 (Baja Ulir) dan lapisan wiremesh dengan variasi 3, 4 dan 5 lapisan. Mix design berdasarkan berat jenis yaitu 1600 kg/m3 dengan FAS 0,4 dan penambahan penambahan pozzolan alami sebesar 10%. Hasil penelitian variasi jumlah lapis wiremesh 3, 4 dan 5 lapis, dengan menambah satu lapis wiremesh (30%) mampu meningkatkan kapasitas profil berkisar 18% sampai 19%, menambah dua lapis wiremesh (60%) mampu meningkatkan kapasitas profil berkisar 23% sampai 26%. Variasi tinggi profil 150, 200 dan 300 mm, peningkatan kapasitas tinggi 200 mm (penambahan tinggi 30% dari 150 mm) berkisar diantara 38% sampai 68%, tinggi 300 mm (penambahan tinggi 100% dari 150 mm) berkisar diantara 97% sampai 235%. Pengingkatan kapasitas dengan variasi tinggi profil lebih signifikan bila dibandingkan dengan peningkatan kapasitas dengan variasi jumlah lapis wiremesh, dikarenakan tinggi profil berpengaruh pada inersia penampang profil. Model keruntuhan dari semua variasi profil adalah kehancuran lentur geser. Kata Kunci : Ferrofoam Concrete, Kanal C, Konfigurasi I, Kapasitas Lentur, Model Keruntuhan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAPASITAS PENAMPANG BALOK PROFIL DOUBLE KANAL (C) FERRO FOAM CONCRETE (AULIA RAHMAN, 2016)

PENGARUH VARIASI TULANGAN TARIK PADA BALOK PROFIL KANAL (C) FERRO FOAM CONCRETE DENGAN PENAMBAHAN BONGKAHAN CANGKANG SAWIT AKIBAT BEBAN LENTUR (REJA FAHLEZA, 2014)

PERILAKU BALOK PROFIL KANAL (C) FERRO FOAM CONCRETE DENGAN PENAMBAHAN POZZOLAN ALAMI AKIBAT BEBAN LENTUR (STUDI KASUS DENGAN BEDA TINGGI 150 MM, 200 MM, DAN 300 MM) (Nazliza, 2013)

PERILAKU SAMBUNGAN BAUT PADA STRUKTUR BALOK PROFIL KANAL (C) FERROFOAM CONCRETE DENGAN TINGGI 450 MILIMETER SEBAGAI ALTERNATIF GELAGAR JEMBATAN (Irwansyah, 2016)

PENGARUH VARIASI TINGGI BALOK PADA PROFIL KANAL (C) FERRO FOAM CONCRETE DENGAN PENAMBAHAN BONGKAHAN CANGKANG SAWIT AKIBAT BEBAN LENTUR (Muhammad Azwar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.