//

HUBUNGAN PANJANG ALAT TANGKAP PURSE SEINE DENGAN HASIL TANGKAPAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO, ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairul Anwar - Personal Name
SubjectFISHING - COMMERCIAL TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo merupakan satu-satunya pelabuhan samudera yang ada di Provinsi Aceh, dengan jumlah kapal purse seine yang mendaratkan hasil tangkapan sebanyak 259 unit kapal purse seine. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan mulai dari tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 28 Februari 2017 bertempat di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo dengan tujuan untuk mengetahui hubungan panjang alat tangkap dengan hasil tangkapan. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 18 kapal dengan ukuran alat tangkap 800 meter, 1.000 meter, dan 1.200 meter. Hasil analisis hubungan panjang jaring dengan hasil tangkapan diperoleh nilai “r” sebesar 0,62 yang berarti hubungan antara panjang jaring dengan hasil tangkapan cukup erat, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya penambahan panjang alat tangkap maka hasil tangkapan juga akan semakin banyak. Jenis ikan yang paling banyak tertangkap dari ketiga ukuran alat tangkap adalah ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) sebanyak 10.6919 kg , kemudian disusul ikan tongkol (Euthynnus affinis) sebanyak 49.740 kg, layang (Decapterus russelli) sebanyak 20.460 kg dan jenis ikan yang paling sedikit tertangkap adalah ikan sunglir (Elagastis bipinulatus) sebanyak 4.177 kg. Kata kunci: Panjang alat tangkap, Purse seine, dan hasil tangkapan Purse seine.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN PURSE SEINE DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO (Sarwita, 2018)

PENGARUH INDIAN OCEAN DIPOLE TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN YANG MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE DI PELABUHAN PERIKANAN PANTAI LAMPULO (mukhlis, 2013)

STUDI HASIL TANGKAPAN IKAN LAYANG (DECAPTERUS SP.) DENGAN ALAT TANGKAP PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) YANG DIDARATKAN DIPELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO (Resi Nanda Sari, 2017)

STUDI USAHA PENANGKAPAN IKAN HIU DENGAN RAWAI DASAR (BOTTOM LONGLINE) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA BANDA ACEH (Leni Afriani, 2019)

DESAIN DAN STUDI KONSTRUKSI KAPAL PURSE SEINE BERMATERIAL KAYU DI GALANGAN KAPAL TRADISIONAL PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO (Muhammad Arif, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy