Search :

Advance


PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PUNGUTAN LIAR (SUATU PENELITIAN DI SATUAN TUGAS SAPU BERSIH PUNGUTAN LIAR KOTA BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVI NIAZARI - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

i ABSTRAK Novi Niazari, Pemberantasan Tindak Pidana Pungutan Liar 2017 (Suatu Penelitian di Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Banda Aceh) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v,68) pp.,bibl.,tabl. (Tarmizi, S.H., M.Hum) Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi mengatur mengenai Tindak Pidana Pungutan Liar dan pengaturan mengenai pungutan liar juga terdapat di dalam Pasal 368, 423, dan 425 KUHP yang melarang seseorang atau penyelenggara Negara melakukan segala pungutan yang tidak di atur dalam perundang-undangan . Dalam pelaksanaan pemberantasan pungutan liar pemerintah membentuk Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar untuk memberantas Pun gutan Liar. Namun kenyataannya praktik pungutan liar masih terjadi. Pungutan liar ini hanya merupakan sebuah istilah dalam kehidupan sehari-hari dan harus dipersamakan dengan suatu tindak pidana pemerasan, penipuan dan bahkan korupsi. Tindak pidana pungutan liar ini sangat meresahkan masyarakat, hal ini dikarenakan dampak dari tindak pidana ini langsung dirasakan oleh masyarakat . Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor yang menyebabkan seseorang melakukan pungutan liar, kendala yang dihadapi dalam proses pemberantasan tindak pidana pungutan liar dan upaya penanggulangan tindak pidana pungutan liar di Kota Banda Aceh. Data dalam penulisan skripsi ini diperoleh dari penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis, sedangkan penelitian lapangan dilakukan guna memperoleh data primer melalui wawancara dengan informan dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya tindak pidana pungutan liar di Kota Banda Aceh adalah faktor ekonomi guna untuk menambah penghasilan, adanya kesempatan dalam melakukan perbuatan tersebut dikarenakan lemahnya sistem pengawasan, kurangnya kesadaran hukum dari oknum pelaku pungutan liar, mentalitas kedisiplinan penyelenggara negara yang kurang baik, penyalahgunaan wewenang dan kebiasaan yang tidak baik yang bersumber dari lingkungan masyarakat yang dapat memberikan kesempatan dan memberikan contoh yang tidak baik dalam kehidupan masyarakat. Kendala dalam memberantas pungutan liar yaitu kurangnya partisipasi dari masyarakat dalam memberantas pungutan liar, banyaknya penyelenggara negara dan mayarakat yang tidak mau memahami dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan sehingga pungutan liar masih saja terus terjadi. Adapun upaya yang dilakukan dalam memberantas pungli yaitu dengan menggunakan strategi pre-emptif (pembinaan), preventif dan represif. Disarankan dalam memberantas pungutan liar diperlukan adanya kerja sama tim dan kefokusan kerja yang maksimal dari seluruh anggota satgas saber pungli dan diharapkan sistem pengawasan dalam pelayanan publik harus di tingkatkan lagi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELELANGAN KAYU SITAAN HASIL TINDAK PIDANA PERUSAKAN HUTAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEJAKSAAN NEGERI JANTHO) (Irsan Saputra, 2016)

UPAYA KEJAKSAAN DALAM PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEJAKSAAN NEGERI BANDA ACEH) (Alfi Anzista, 2016)

TINDAK PIDANA MELUKAI DAN MEMBUNUH GAJAH DI KABUPATEN ACEH JAYA (Rizqi Nurul Fadhilah, 2015)

ANALISIS YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PELAPOR (WHISTLE BLOWER) DALAM UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN TERHADAPKASUS TINDAK PIDANA KORUPSI (ENI SURIATI, 2015)

DIFERENSIAL LEUKOSIT BIAWAK AIR (VARANUS SALVATOR) YANG TELAH DIDOMESTIKASI DAN BIAWAK AIR LIAR (Fauzan Fajri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.