Search :

Advance


KAJIAN PEMANFAATAN RUANG PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH STUDI KASUS PUSAT JAJANAN REX PEUNAYONG

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyu Rianda - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Ruang publik adalah suatu tempat umum dimana masyarakat melakukan aktivitas rutin dan fungsional yang mengikat sebuah komunitas. Ruang publik juga dapat beralih fungsi menjadi tempat masyarakat untuk bertemu, berinteraksi, berdagang, bisnis dan berbagai kepentingan lainnya. Pusat Jajanan Rex Peunayong (REX) adalah ruang publik kota Banda Aceh yang berlokasi di kawasan yang juga dikenal sebagai kawasan pecinan Peunayong. Di dalam REX ini disajikan berbagai makanan khas Aceh yang dijual dengan menggunakan gerobak tradisional. Dengan beragamnya jenis kegiatan pada REX menyebabkan tingginya kebutuhan pengunjung dalam melakukan aktifitas sosial. Diantaranya adalah dengan membuka areal berdagang baru di sepanjang Jalan Jendral Ahmad Yani sehingga dapat mempengaruhi tatanan kota di kawasan Peunayong. Untuk mengoptimalisasi pemanfaatan ruang publik di kawasan tersebut tentu harus diimbangi dengan peningkatan mutu dan sarana pendukung lainnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan dan mengobservasi pemanfaatan REX dalam menampung aktivitas masyarakat kota Banda Aceh; Mengkaji persepsi pengunjung dan pedagang dalam menggunakan ruang jalan sebagai media untuk berinteraksi dan melakukan kegiatan sosial lainnya; menentukan rencana strategis dalam upaya mengoptimalisasikan pemanfaatan REX sebagai ruang publik di Kota Banda Aceh. Penelitian ini didukung oleh data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, serta analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Optimalisasi REX Peunayong ternyata tidak membawa dampak yang signifikan jika di tinjau dari aspek fungsi, aspek bangunan dan fasilitas, aspek dukungan masyarakat serta aspek kebijakan dan regulasi. Sehingga diperlukan suatu upaya untuk mengembalikan fungsi dari REX peunayong menjadi lapangan terbuka hijau aktif. Karena letaknya di tengah kota, lapangan terbuka hijau sangat diperlukan sebagai paru-paru kota Banda Aceh sesuai dengan yang diamanatkan di dalam UU Republik Indonesia No.26 Tahun 2007 tentang penataan ruang. Selain itu untuk mendukung terciptanya optimalisasi REX, dapat digunakan elemen – elemen kota seperti pertokoan pecinan yang terdapat disekitar kawasan tersebut. Toko pecinan dapat dipugar dan dijadikan ruang kegiatan ekonomi namun tetap menonjolkan karakteristik bangunan sejarah. Kata Kunci : Pusat Jajanan Rex Peunayong ( REX), Ruang Publik, Peunayong

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN RUANG PUBLIK DALAM PROSES PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK (STUDI ANALISA PADA WARUNG KOPI DI KOTA BANDA ACEH TERKAIT KEBIJAKAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN) (Tata Moeda Taqwa, 2017)

STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN PEMANFAATAN TATA RUANG KOTA DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RD. CECEP YUDHIE ERBA WINATA, 2015)

ANALISA SPASIAL RUANG TERBUKA HIJAU (STUDI KASUS : KOTA BANDA ACEH (Attabari Aldin, 2013)

EVALUASI PEMANFAATAN TAMAN KOTA STUDI KASUS: TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Hervia Yudistira, 2015)

AGLOMERASI DAN PEMANFAATAN RUANG DI KOTA BANDA ACEH (AYU ELA PUSPITA DEWI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.