Search :

Advance


KUALITAS MATERIAL KOMPOSIT LIMBAH SERAT SABUT KELAPA MENGGUNAKAN PEREKAT POLIVINIL ASETAT (PVAC)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saddam Hasan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Indonesia adalah negara agraris dimana pada umumnya perkembangan konstruksi saat ini semakin berkembang, namun harga material furnitur juga semakin mahal, sehingga diperlukan material alternatif yang murah dan dapat digunakan sebagai bahan konstruksi lainnya. Kajian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah proses pembuatan komposit dengan metode hand lay-up dengan perbandingan antara fraksi volume serat sabut kelapa dan perekat polivinil asetat pada komposisi yang berbeda yakni (30% : 70%) , (40% : 60%) dan (50% : 50%). Dimana kualitas material komposit limbah serat sabut kelapa menggunakan perekat polivinil asetat terhadap sifat mekanik suatu benda di uji tarik. Hasil kekuatan tarik tertinggi terdapat pada fraksi volume 50% adalah 1,023 MPa dan nilai regangannya menurun yaitu 1,67%. Sedangkan kekuatan luluh 0,2% offset, nilai tegangan tertinggi pada fraksi volume 50% adalah 804 MPa dan nilai regangannya menurun yaitu 19%. Sementara nilai modulus elastisitas terdapat pada komposisi yang berbeda yaitu terdapat pada fraksi volume 30% dengan nilai 890 MPa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi jumlah persentase perekat polivinil asetat yang digunakan maka nilai modulus elastisitasnya semakin tinggi, dan semakin sedikit jumlah persentase perekat polivinil asetat maka nilai kekuatan tariknya semakin tinggi dan nilai regangannya rendah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONDISI PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG PADA PROSES GURDI MATERIAL KOMPOSIT SERAT SABUT KELAPA (Danar Wahyu Fiqi Ap, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN WANITA PENGRAJIN SERAT SABUT KELAPA PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI DESA COT KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (maulita, 2013)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN PADA PROSES DRILLING UNTUK MATERIAL KOMPOSIT DENGAN PENGUAT SERAT KACA (balkia, 2013)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KERUSAKAN MATERIAL KOMPOSIT LAMINAT DENGAN PENGUAT SERAT KACA PADA PROSES DRILLING (Nur Kholis, 2014)

PENGARUH KONDISI PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG PADA PROSES GURDI MATERIAL PAPAN KOMPOSIT SERAT BATANG PISANG ABACA (Masrur, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.